Published On: Mon, Apr 4th, 2022

Kini SPMT Operasikan 11 Pelabuhan, Targetnya 22 Pelabuhan 

Drajat Sulistyo

MN, Surabaya – PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) sebagai subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) memperluas jangkauan layanannya di wilayah tengah dan timur Indonesia dengan resmi beroperasi di Pelabuhan Makassar, Pelabuhan Balikpapan, Pelabuhan Trisakti, Pelabuhan Mekar Putih, serta Pelabuhan Jamrud, Surabaya, terhitung mulai hari Jumat, tanggal 1 April 2022.

Dimulainya operasional Pelabuhan Makassar, Pelabuhan Balikpapan, Pelabuhan Trisakti, Pelabuhan Mekar Putih, serta Pelabuhan Jamrud, Surabaya oleh SPMT menjadi kelanjutan dari penandatanganan kesepakatan serah operasi bisnis PT Pelabuhan Indonesia (Persero) dengan SPMT pada 29 Desember 2021 lalu.

Kesepakatan tersebut diawali dengan serah operasi Pelabuhan Dumai kepada SPMT pada 1 Januari 2022 yang terus bertambah selama empat bulan terakhir. Hingga 1 April 2022, tercatat SPMT sudah melakukan serah operasi di 11 Pelabuhan, 2 di Pulau Sumatera, 3 di Pulau Jawa, 5 di Pulau Kalimantan, dan 1 di Pulau Sulawesi.

Direktur Utama PT Pelindo Multi Terminal Drajat Sulistyo mengatakan, SPMT akan mengoperasikan 22 Terminal Non-Petikemas yang tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia. Saat ini SPMT telah mengelola 11 Terminal Non-Petikemas melalui dua anak perusahaannya, yakni PT Pelabuhan Tanjung Priok dan PT Indonesia Kendaraan Terminal.

“Dioperasikannya 11 pelabuhan oleh SPMT di awal tahun 2022 merupakan titik pijak dan wujud komitmen perusahaan untuk berada di garda terdepan bisnis kepelabuhanan Indonesia, khususnya dalam layanan Multipurpose Terminal,” ujar Drajat saat go live serah operasi di Terminal Jamrud Surabaya, Jumat (1/4).

Pada hari yang sama juga dilakukan penyambutan kapal perdana general cargo KM Kintamani berbendera Indonesia dengan panjang 79,5m dan gross tonnage sebesar 1.858 metrik ton, sekaligus menandai resmi dimulainya operasional kepelabuhanan SPMT di Pelabuhan Jamrud, Tanjung Perak Surabaya.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com