Published On: Wed, Jun 29th, 2016

Jumlah Pemudik di Tanjung Perak Mencapai 38 Ribu Orang Pada H-7 Lebaran

Pelindo III

Suasana arus mudik di pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

MNOL – Surabaya, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III mencatat ada sekitar 38 ribu penumpang kapal laut yang melalui Pelabuhan Tanjung Perak hingga H-7 Idul Fitri.  Hal itu diungkapkan Direktur Operasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo III Rahmat Satria, saat melepas peserta mudik gratis Pelindo III bertajuk “Yuk Pulang Kampung”, Rabu (29/6).  Jumlah tersebut terdiri dari 32.557 orang yang tiba di Pelabuhan Tanjung Perak dan 5.959 orang yang meninggalkan Pelabuhan Tanjung Perak.

“Pencatatan penumpang naik dan penumpang turun di Pelabuhan Tanjung Perak kami lakukan dari H-15 hingga H+15 Idul Fitri,” ucapnya.

Para penumpang kapal laut yang tiba di Pelabuhan Tanjung Perak kebanyakan berasal dari wilayah timur Indonesia.  Sebagian besar penumpang telah berlayar lebih dari 3 hari dari daerah keberangkatan hingga ke Pelabuhan Tanjung Perak.

“Ada yang dari Papua, Maluku, dan Sulawesi.  Mereka tiba di Tanjung Perak untuk kemudian melanjutkan perjalanan mereka hingga ke kampung halaman masing-masing,” tambahnya.

Untuk mengakomodir para penumpang kapal laut yang tiba di Pelabuhan Tanjung Perak, Pelindo III telah menyiapkan angkutan mudik gratis yang akan mengantar para pemudik hingga ke kota tujuan masing-masing.  Setidaknya ada 10 bus yang disiapkan setiap harinya dengan 4 rute yaitu Pasuruan-Probolinggo-Lumajang-Jember, Mojokerto-Jombang-Ngajuk-Madiun, Kediri-Tulungagung-Trenggalek, Lamongan-Bojonegoro-Cepu.

“Kami juga menyiapkan angkutan mudik gratis bagi pemudik yang tiba di Pelabuhan Tanjung Emas.  Ada 6 bus yang melayani 4 rute yakni Demak-Kudus-Pati, Temanggung-Wonosobo, Solo-Yogyakarta dan Kendal-Pekalongan-Pemalang,” urainya lagi.

Angkutan bus gratis disiapkan oleh Pelindo III bagi mereka penumpang kapal Pelni tertentu yang sudah di daftar.  Setidaknya ada sekitar 5.664 orang yang dapat diangkut menggunakan bus tersebut yang melalui Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelabuhan Tanjung Emas.  Mudik gratis tersebut berlangsung dari H-7 hingga H-1 Idul Fitri. (APS)

About the Author

-