Published On: Wed, Oct 5th, 2016

Pelindo III Gelar Simulasi Penanggulangan Kebakaran di Perkantoran

Simulasi kebakaran di kantor Pelindo III.

Simulasi kebakaran di kantor Pelindo III.

MNOL – Surabaya, Meski asap masih mengepul cukup tebal di lantai 4, kebakaran di Gedung Kantor Pusat Pelindo III di Tanjung Perak Surabaya, berhasil dipadamkan dalam waktu singkat. Api dipadamkan sekitar dua puluh menit setelah kebakaran pukul 09.30 WIB dibantu oleh satu unit unit mobil pemadam kebakaran Pelindo III. Tercatat 6 korban berhasil diselamatkan melalui jalur evakuasi tangga darurat dan melalui tali luncuran dari lantai 4.

Suara alarm berbunyi keras, ratusan pegawai  PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri, mereka mengira telah terjadi kebakaran. “Ini hanya simulasi kebakaran saja.” kata Iskandar Zulkarnain Senior Manager Sistem Manajemen dan Manajemen Resiko di kantor pusat Pelindo III , Selasa (4/10). Iskandar menjelaskan, simulasi kebakaran pada perkantoran adalah kegiatan rutin setahun sekali untuk dilakukan, dan yang berbeda dari tahun lalu adalah simulasi ini tidak disosialisasikan kepada para pegawai, namun situasi hari ini dirahasiakan.

Para pegawai Terlihat sangat antusias dalam melaksanakan kegiatan simulasi tersebut.  Adapun skenario kegiatan simulasi tersebut, telah terjadinya kebakaran di lantai 4 kemudian tim penanggulangan tanggap darurat regu kebakaran gedung berusaha mengendalikan api dengan apar. karena api terus membesar maka alarm evakuasi di bunyikan, aliran listrik dipadamkan dan semua karyawan meninggalkan ruangan melalui jalur evakuasi menuju titik kumpul yang telah disediakan.

Skenario tersebut bukan tidak mungkin akan terjadi namun pihak managemen Pelindo III telah mempersiapkan segala upaya proteksi dan perlindungan bagi pegawai dan tamu.

Tujuan diadakannya simulasi evakuasi ini untuk memberikan pengalaman kepada para pegawai bagaimana sebaiknya bertindak saat terjadinya kebakaran. Pegawai  diberikan pemahaman dan pengalaman tentang jalur – jalur evakuasi dan tindakan yang perlu atau tidak perlu dilakukan saat terjadi kebakaran, memanfaatkan jalur – jalur evakuasi dan yang paling penting ialah memutuskan tindakan yang harus diambil dalam waktu yang singkat dengan aman demi keselamatan bersama.

Acara ditutup dengan review dan evaluasi kegiatan oleh Iskandar Zulkarnain dan dari Pengawas Dinas Tenaga Kerja Kota Surabaya bersama segenap tim dan peserta yang terlibat dalam kegiatan simulasi tersebut sebagai bahan acuan dan perbaikan bagi peningkatan kualitas penanganan kondisi tanggap darurat.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com