Published On: Tue, Feb 6th, 2018

Memajukan Pariwisata Sumbar Lewat Pameran Foto dan Video

Pemberian hadiah kepada pemenang lomba foto dan video HPN 2018

MN, Padang – Foto tak hanya bisa berbicara lebih dari seribu kata, tapi juga menggambarkan sebuah kejujuran. Melalui karya foto dan video, publik luas dapat mengenal lebih dalam mengenai objek-objek pariwisata dan  keberhasilan pembangun di Sumatera Barat.

Demikian diungkapkan Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Dinas Pariwisata, Oni Yulfian dalam Pameran Hasil Lomba Foto dan Video pada rangkaian gelaran Hari Pers Nasional (HPN) 2018 di Museum Adityawarman, Jalan Diponogoro No 10, Kota Padang, (6/2).

Gubernur Irwan mengatakan seiring dengan perkembangan zaman, karya foto dan video menjadi sektor ekonomi kreatif yang harus terus dikembangkan karena banyak mendatangkan manfaat. Seperti mengangkat sumber daya lokal dan memajukan kepariwisataan.

Diceritakannya soal objek wisata Mande, yang hanya berjarak 1,5 jam dari Kota Padang, asalnya tidak banyak dikenal orang. Tapi, usai mendapat sentuhan fotografer dan videografer, melalui karyanya yang mempublikasikan keindahan Mande, daerah ini menjadi terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan.

“Demikian juga dengan objek wisata, Seribu Rumah Gadang, yang sudah ada sejak ratusan tahun, menjadi terkenal sejak disentuh karya dari fotografi dan videografi,” ujarnya.

Gubernur Irwan memberikan apresiasi yang tinggi bagi para peserta, juri, dan penyelenggara lomba. Diharapkan lomba ini dapat semakin meningkatkan kreatifitas yang pada gilirannya memajukan pariwisata dan kesejahteraan masyarakat.

Pameran foto dan video diawali dengan penampilan Tari Piring dari Sanggar Anak Indonesia. Pameran ini menampilkan sebanyak 35 foto terbaik dari hasil perlombaan yang diikuti sebanyak 203 peserta dengan mengambil tema pariwisata dan infrastruktur.

Ketua Penyelenggara, Darliati mengatakan tujuan digelarnya Pameran Hasil Lomba Foto dan Video dalam satu rangkaian HPN 2018 ini adalah untuk memperkenalkan keindahan panorama alam dan seni budaya, untuk memajukan pariwisata, dan untuk memperlihatkan kemajuan infrastruktur di Sumatera Barat.

“Sebagai materi promosi Sumatra Barat di tingkat nasional dan internasional. Juga untuk memberikan kesempatan kepada fotografer dan videografer dalam meningkatkan kreatifitas,” ujar Darliati.

Perlombaan foto digelar untuk dua kategori yakni kategori wartawan dan umum. Dari 203 peserta, sebanyak tujuh peserta keluar sebagai pemenang.

Mereka adalah Ramadhani seabai pemenang juara satu lomba foto untuk kategori wartawan. Dengan karyanya yang berjudul “Mengenang Perang Karbala.” Fauzi Arrahman, juara satu untuk kategori umum dengan karyanya yang berjudul “Memasak Rendang.”

Bertindak sebagai dewan juri yakni fotografer senior yakni Arbaim Rambe dari Kompas dan Nofrim Nafilus dari Penggiat Pariwisata.

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com