Published On: Thu, Apr 5th, 2018

Kepala Bakamla RI Optimis Laut sebagai Harapan Bangsa Indoensia

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Arie Soedewo

MN, Jakarta – Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Ari Soedewo, S.E., M.H. hadir sebagai salah satu pembicara dalam kegiatan seminar nasional bertemakan “Keamanan dan Keselamatan Laut dalam Rangka Mewujudkan Indonesia menjadi Poros Maritim Dunia” di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis, (5/4/2018).

Dalam kesempatan itu, Kepala Bakamla RI menyampaikan di era kebangkitan maritim saat ini yang dicanangkan Presiden Joko Widodo. Pembangunan nasional ke arah kepentingan asasi bangsa Indonesia di laut menjadi tajuk utama dalam pemaparannya.

“Output yang diharapkan yaitu terwujudnya laut sebagai media pemersatu bangsa, media perhubungan, media sumber daya, serta media keamanan dan pengamanan kedaulatan di laut dalam mendukung Indonesia menjadi Poros Maritim Dunia,” ujar Arie.

Sambung lulusan AAL tahun 1983 ini, laut adalah masa depan dan laut adalah harapan bagi bangsa Indonesia.

“Menghadapi aktivitas illegal di laut yang sangat banyak, perlu adanya tindak pengamanan yang komprehensif,” tandas Pati TNI AL Bintang Tiga tersebut.

Masih dalam paparannya, Arie menjelaskan bahwa tindak pengamanan di laut tidak hanya menangani kegiatan pencurian ikan dan penyelundupan, tetapi juga terkait pengamanan terhadap pembuangan limbah minyak dari kapal, limbah plastik, dan juga pengamanan kelestarian terumbu karang.

“Kalau laut kita lestari, tentu saja harapan masa depan anak cucu kita juga akan lestari,” pungkasnya.

Seminar Nasional tahun 2018 yang diusung oleh Koalisi Bersama Rakyat (KIBAR) ini dibuka oleh Ketua Umum KIBAR Dr. Indra Fahrijal, M.B.A. Seminar juga menghadirkan tiga pembicara lainnya antara lain Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia, Kementerian Kelautan dan Perikanan M. Zulficar Mochtar ST.,M.Sc.; Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan Ir. R. Agus H. Purnomo; dan Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan Universitas Pertahanan Laksda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD.

KIBAR adalah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang mempunyai visi untuk mendukung program strategis pemerintah dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa dan pesisir. Seminar Nasional ini diikuti puluhan peserta yang terdiri dari perwakilan TNI, Polri, Mahasiswa UNHAN dan UI, Perhimpunan Nelayan dan Tani, dan Pengusaha Perikanan.

Seminar ini ditutup oleh Menko Polhukam Jenderal TNI (Purn) Wiranto. Pada kesempatan itu juga Wiranto menyampaikan pencapain program-program keamritiman pemerintah dalam laju visi Poros Maritim Dunia.

 

(Rey/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com