Categories: HankamTerbaruTNI AL

Tanamkan Kecintaan Maritim Pada Generasi Muda, Lanal Tegal Terima Kunjungan Pelajar Se Kota Tegal

Kunjungan pelajar SMA dan SMK Kota Tegal ke Mako Lanal Tegal.

MN, Tegal – Sebanyak seratus orang perwakilan pelajar SMA dan SMK se-Kabupaten Tegal melaksanakan kunjungan ke Markas Komando Pangkalan TNI Angkatan Laut (Mako Lanal) Tegal yang berlokasi di Jl. Proklamasi No.01 Kota Tegal. Kujungan ke markas satuan yang berada di bawah jajaran Lantamal V tesebut dilaksanakan pada Rabu (5/9).

Kunjungan para pelajar sekolah menengah tingkat atas ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Kemah Budaya Pelajar yang diketuai oleh Kabid Kebudayaan Disdikbud Drs. Agus Joko Wiyono, M.Pd. itu, disambut langsung oleh Komandan Lanal Tegal Letkol Laut (P) Agus Haryanto SE, M.Tr.Hanla.

Beberapa materi yang turut diajarkan dalam kunjungan para pelajar tersebut di Mako Lanal Tegal kali ini antara lain PBB (Peraturan Baris Berbaris), TUB (Tata Upacara Bendera), praktek dayung, pemaparan sejarah TNI-AL, hingga berkenalan dengan KAL Maribaya dan Museum Bahari.

Lanal Tegal juga memiliki sebuah monumen di daerah Kalibakung, merupakan saksi bisu eksistensi keberadaan TKR Laut di Kota Tegal yang dikenal dengan sebutan CA (Corp Armada) IV ALRI pada masa perang kemerdekaan.

Menutup kunjungan para pelajar tersebut, Danlanal Tegal berpesan kepada para pelajar tersebut untuk memanfaatkan momentum kunjungan kali ini sebagai sarana untuk lebih memahami sejarah dan budaya kota tempat mereka tinggal.

“Kami berpesan kepada adik-adik semua untuk terus memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, jadikan momentum kunjungan kali ini untuk semakin mengenal dan memahami sejarah serta warisan cagar budaya yang ada di Kota Tegal,” pungkasnya.

Kegiatan ‘Kemah Budaya Pelajar’ yang bertempat di Rest Area Samping RS. Suradadi Kabupaten Tegal ini sendiri berlangsung selama tiga hari, yaitu pada tanggal 4 s.d 6 September 2018.

A.P Sulistiawan

Redaktur

Share
Published by
A.P Sulistiawan

Recent Posts

Gde Sumarjaya: Relokasi Kapal Non-tuna di Pelabuhan Benoa

Bali (Maritimnews) - Anggota Komisi VI DPR RI Gde Sumarjaya Linggih mendukung upaya PT Pelabuhan…

1 day ago

Kemenhub Terbitkan PM 7/2024 Tentang Harmonisasi Sistem Pemeriksaan dan Sertifikasi pada Kapal Berbendera Indonesia

Jakarta (Maritimnews) - Kementerian Perhubungan menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 7 Tahun…

2 days ago

Pelabuhan Sehat Petrokimia Disahkan KSOP Gresik

Gresik (Maritimnews) - Pelabuhan Petrokimia Gresik sah berpredikat sebagai pelabuhan Sehat sesuai dengan Peraturan Menteri…

5 days ago

Kemenhub Resmi Tutup Posko Angkutan Laut Lebaran 2024

Jakarta (Maritimnews) - Kementerian Perhubungan resmi resmi menutup Posko Angkutan Laut Lebaran Tahun 2024, Jumat…

5 days ago

Arus Penumpang Angleb 2024 Naik Signifikan di Pelabuhan Priok

Jakarta (Maritimnews) - Ditjen Hubla Kementerian Perhubungan resmi menutup Posko Angkutan Laut Lebaran Tahun 2024,…

5 days ago

Pelabuhan Teluk Bayur Siap Layani Arus Mudik Lebaran 2024

Teluk Bayur (Maritimnews) - Pelabuhan Teluk Bayur telah melakukan berbagai kesiapan dalam menyambut libur Idul…

4 weeks ago