Published On: Mon, Oct 29th, 2018

Pushidrosal Kirim Kapal Canggih KRI Rigel-933 Cari Korban dan Bangkai Pesawat Lion Air

KRI Rigel-933 bertolak menuju perairan Karawang.

KRI Rigel-933 bertolak menuju perairan Karawang.

MN, Jakarta – Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal)  mengirimkan KRI Rigel-933 ke lokasi pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang diperkirakan jatuh di sekitar Perairan Karawang.

Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H., menjelaskan bahwa KRI Rigel akan melakukan deteksi kedalaman full covered di posisi  jatuhnya pesawat Lion Air pada koordinat  5° 46.15000′ S – 107° 7.16000′ E dan area sekitarnya dengan menggunakan Multibeam Echosounder  EM2040 dan Side Scan Sonar.

Ini dilakukan untuk mencitarkan badan pesawat dan  High Precision Acoustic Positioning (HIPAP) dengan   Frekuensi A dan B,  frekuensi itu seperti yang ada di blackbox, sehingga dengan alat  HIPAP ini akan menangkap sinyal frekuensi yg dipancarkan oleh blackbox tersebut..

“KRI Rigel akan melakukan deteksi kedalaman full covered di posisi  jatuhnya pesawat Lion Air pada koordinat  5° 46.15000′ S – 107° 7.16000′ E dan area sekitarnya dengan menggunakan Multibeam Echosounder EM2040 dan Side Scan Sonar untuk mencitarkan badan pesawat dan  High Precision Acoustic Positioning (HIPAP) dengan Frekuensi A dan B, frekuensi itu seperti yang ada di blackbox, sehingga dengan alat  HIPAP ini akan menangkap sinyal frekuensi yg dipancarkan oleh blackbox tersebut,” jelasnya.

KRI Rigel adalah kapal Bantu Hidro-oseanografi (BHO) yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Agus Triyana.  KRI Rigel 933 merupakan kapal jenis Multi Purpose Research Vessel (MPRV) dengan berbagai peralatan survei canggih diantaranya Side Scan Sonar,  Automatic Weather Station, Echosounder Multibeam laut dalam, Singlebeam, peralatan Conductivity Temperatureand Depth (CTD), serta Gravity Cores.

KRI Rigel juga dilengkapi Boat Sounding (SV) yang dilengkapi dg peralatan setara diharapkan  mampu melakukan pencarian serpihan badan pesawat di dekat pantai.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com