Published On: Thu, Apr 16th, 2020

Cegah Penyebaran Covid-19, Diskes Lantamal XIII Terapkan Protokol Kesehatan KRI

Penerapan protokol kesehatan di Lantamal XIII.

Penerapan protokol kesehatan di Lantamal XIII.

MN, Surabaya – Sebagai upaya pencegahan dan memutus rantai penularan Covid-19, tim kesehatan Dinas Kesehatan (Diskes) Pangkalan Utama TNI AL  (Lantamal) XIII Tarakan, menerapkan protokol kesehatan di Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Badik-623, Selasa (14/4).

Di sela kegiatan yang berlangsung di Dermaga Lantamal XIII, Jalan Sei Ngingitan, Kota Tarakan tersebut, Kadiskes Letkol Laut (K) M. Yasser menegaskan bahwa ini aktifitas ini merupakan salah satu upaya mendukkung pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus yang mulai terdeteksi di Kota Wuhan, Tiongkok tersebut.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya mendukung pemerintah dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19, diantaranya adalah dengan cara melaksanakan pengecekan atau screening suhu tubuh terhadap para personel KRI Badik-623 serta penyemprotan cairan disinfektan terhadap badan kapal, baik luar maupun dalam, yakni seluruh ruangan-ruangan yang ada,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia pun menambahkan bahwa pemeriksaan ini sudah sesuai dengan SOP yang selama ini diterapkan terhadap setiap KRI yang tiba dan bersandar di Dermaga tempatnya bernaung.

“Pemeriksaan kesehatan ini dilaksanakan sesuai Standard Operasional Prosedur (SOP) yang telah diterapkan oleh Lantamal XIII terhadap setiap KRI yang datang dan sandar di Dermaga Lantamal XIII, ” imbuhnya.

Mengakhiri pembicaraan, ia kembali menegaskan bahwa kegiatan merupakan anjuran dari Pangarmada II sebagai wujud partisipasi aktif dalam memberantas penyebaran Covid-19.

“Kegiatan ini juga dilaksanakan sesuai anjuran Pangarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto, agar setiap Lantamal dan Lanal di jajaran Koarmada II berpartisipasi aktif dalam penanggulangan wabah Covid-19 di daerahnya masing-masing,” pungkas Yasser.

Hasil pemeriksaan yang dilaksanakan oleh tim kesehatan Diskes lantamal XIII, seluruh personel KRI Badik-623 dinyatakan normal karena tidak ditemukan adanya tanda-tanda gejala covid-19 maupun keluhan terkait medis .

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com