Published On: Tue, Jun 30th, 2020

Kembangakan Strategi Terbaru, Seskoal Gelar Latihan Strategis Perencanaan Pertahanan Negara

Latihan Perencanaan Pertahanan Negara Seskoal.

MN, Jakarta – Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) resmi membuka Latihan Perencanaan Strategis Pertahanan Negara Unit Organisasi (Latrenstra Hanneg U.O) TNI AL Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Seskoal Angkatan ke-58 dan Pasis Kursus Manajemen Strategik (Susjemenstra) TNI AL Angkatan ke-15 TA. 2020.

Latihan yang mengambil tema ”Melalui Latihan Perencanaan Strategis Bidang Pertahanan Negara Perwira Siswa Dikreg Seskoal Angkatan ke-58 dan Perwira Siswa Susjemenstra TNI AL Angkatan ke-15 TA. 2020 Meningkatkan Kemampuan dan Pengetahuan Dalam Penyusunan Dokumen serta Mekanisme Perencanaan Strategis Bidang Pertahanan Negara” ini, dibuka langsung oleh Danseskoal Laksamana Muda TNI Dr.Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han)., yang ditandai dengan pemasangan secara simbolis tanda peserta latihan pada upacara pembukaan yang berlangsung di Ruang Amphiteater Gedung Samadikun Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Senin (29/6).

Kegiatan ini sendiri akan berlangsung selama sepekan dengan diikuti 175 Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-58 dan 50 Pasis Susjemenstra TNI AL Angkatan ke-15 TA. 2020.

Dalam sambutannya, Danseskoal Laksamana Muda TNI Dr.Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han)., menyampaikan bahwa proses Perencanaan Pembangunan Pertahanan Negara merupakan suatu rangkaian kegiatan perencanaan secara berurutan dan berkesinambungan yang dilaksanakan setiap dua puluh tahun yang dijabarkan dalam periode lima tahunan, serta selanjutnya dirinci dalam perencanaan tahunan.

Proses perencanaan pembangunan TNI Angkatan Laut adalah merupakan bagian yang turut mempengaruhi dan memberikan warna dalam proses pembangunan nasional tersebut.

“Latihan ini merupakan latihan puncak bagi Pasis dalam menerapkan seluruh teori yang selama ini didapat, dengan tujuan melatih para Pasis agar dapat mengerti dan memahami mekanisme Sistem Perencanaan Pembangunan Pertahanan Negara Unit Organisasi TNI AL, serta melatih para Pasis dalam melaksanakan penyusunan dokumen rencana Strategis Bidang Pertahanan Negara Unit Organisasi TNI AL pada proses perencanaan jangka menengah lima tahunan dan tahunan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menjabarkan tentang sasaran latihan kali ini, yaitu Pasis diharapkan memahami proses perencanaan strategis bidang pertahanan negara, mampu melaksanakan mekanisme, dinamisasi rapat-rapat dan melaksanakan proses penyusunan dokumen perencanaan strategis serta mampu bertugas sebagai staf perencana pada tingkat Mabesal, Kotama dan Satker.

Hadir pada acara tersebut, Wadan Seskoal Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E., M.Si., para pejabat Utama Seskoal, Kepala Departemen Manajemen (Kadepjemen) Seskoal Kolonel Laut (E) Wiedo Ananto, S.T., M.Tr.Opsla., selaku Direktur Latihan, Para Kadep Seskoal dan para Patun serta Dosen Seskoal.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com