Published On: Wed, Apr 14th, 2021

Cegah DBD, Satkes Seskoal Fogging Seluruh Area

Fogging di lingkungan Seskoal.

Fogging di lingkungan Seskoal.

MN, Jakarta Selatan – Dalam rangka mengantisipasi wabah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang mulai bermunculan pada saat ini dikarenakan perubahan cuaca hujan dan terik matahari yang tidak menentu, Satuan Kesehatan (Satkes) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) di bawah pimpinan Kepala Satuan Kesehatan (Kasatkes) Seskoal Letkol Laut (K) dr. Syarif Mustika Harinurdi, Sp.B., M.Tr. Opsla melaksanakan fogging (pengasapan) ke seluruh kantor, rumah jabatan, fasilitas-fasilitas pendidikan, mess perwira siswa (Pasis) yang terdapat di Seskoal, serta rumah dinas personel Seskoal di Komplek Seskoal, Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (13/4).

Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han) yang memantau langsung pelaksanaan fogging tersebut menyampaikan bahwa pelaksanaan fogging selama dua hari ini sebagai langkah preventif untuk mewaspadai wabah DBD di lingkungan Seskoal.

“Saya mengimbau, personel Seskoal dan para perwira siswa yang sedang melaksanakan pendidikan di Seskoal harus mempunyai kesadaran dalam menjaga lingkungan dengan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekitar. Semua harus terlibat langsung dan ikut berperan dalam menciptakan kebersihan, yang pada akhirnya dapat berkontribusi pada pencegahan penyakit DBD,” ujar orang nomor satu di Seskoal ini.

Di sela-sela pelaksanaan fogging, Kasatkes Seskoal Letkol Laut (K) dr. Syarif Mustika Harinurdi, Sp.B., M.Tr. Opsla menginformasikan bahwa sebelum melaksanakan fogging agar makanan dan minuman ditutup atau dimasukkan ke dalam kulkas atau lemari agar tidak kena cairan maupun asap, pintu, dan jendela luar ditutup rapat, agar asap cukup lama di dalam dan nyamuk tidak keluar, peralatan mandi terutama sikat gigi untuk diamankan (dibungkus) agar tidak terpapar asap, kipas angin dan ac dimatikan, kain tirai atau barang yang mudah terbakar diamankan, pintu utama atau pintu belakang dibuka, agar akses petugas lebih mudah untuk keluar masuk, setelah penyemprotan selesai pintu utama langsung ditutup rapat selama 30 menit.

Pelaksanaan fogging tersebut dimulai dari pengasapan tempat-tempat genangan air, saluran air, tempat sampah, ruangan-ruangan di sekitar perumahan dinas serta taman-taman di sekitarnya.

Lebih lanjut, Kasatkes Seskoal berharap selain upaya fogging dari Satkes Seskoal ini, seluruh personel berperan aktif ikut melaksanakan pencegahan penyebaran penyakit DBD ini dengan menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal dan sekitarnya serta turut melaksanakan program 3M (menguras, mengubur, dan menutup) barang-barang bekas yang menjadi tempat penampungan air. 

Seperti menguras bak mandi, menutup tempat penyimpanan air, mendaur ulang barang-barang bekas agar tidak menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk DBD, membubuhkan Abate, dan tidak menggantungkan pakaian di kamar tidur maupun kamar mandi.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com