Published On: Thu, Apr 1st, 2021

Danseskoal Bekali Pasis Susjemenstra TNI AL Angkatan 16 2021

Danseskoal saat membekali Pasis Susjementra.

Danseskoal saat membekali Pasis Susjementra.

MN, Jakarta – Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Dr.Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han) memberikan pembekalan kepada para Perwira Siswa (Pasis) Susjemenstra TNI AL Angkatan ke-16 TA 2021, bertempat di Kelas B Gedung R.E. Martadinata Seskoal, Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (30/3).

Dalam pembekalan yang diberikan usai Upacara Pembukaan Pendidikan Kursus Manajemen Strategik (Susjemenstra) TNI AL Angkatan ke-16 TA 2021 , Daseskoal mengatakan bahwa pendidikan merupakan bagian terpenting dari upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dalam mewujudkan cita-cita nasional sesuai dengan amanat Pembukaan UUD RI Tahun 1945 dan visi pemerintah bahwa pembangunan sumber daya manusia (SDM) unggul akan menjadi prioritas utama dengan membangun SDM yang terampil, menguasai ilmu pengetahuan, dan teknologi.

Pendidikan di TNI AL telah tersusun secara berjenjang berdasarkan level dimulai dari pendidikan dasar, pendidikan spesialisasi atau lanjutan, pendidikan reguler Seskoal atau Susjemenstra hingga pendidikan matra 3, serta pendidikan reguler Sesko TNI hingga Lemhanas.

“Melalui proses belajar mengajar yang baik dan benar, diharapkan dapat menghasilkan sosok prajurit TNI AL yang profesional, bermoral, serta dapat mengambil keputusan dengan cepat, tepat, dan benar,” ujar Danseskoal.

Misi TNI AL yang pertama yaitu mewujudkan prajurit TNI Angkatan Laut yang professional, tangguh, dan berkarakter. Ini sesuai dengan arahan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang menyerukan untuk menjadil pemimpin yang seutuhnya. 

Bila tidak utuh, maka hanya menjadi “pemimpi”. Huruf “n” pada kata pemimpin dapat diartikan bahwa seorang pemimpin harus memiliki “nyali, nalar, dan nurani”.

Lebih lanjut, Danseskoal menyatakan bahwa Seskoal telah menetapkan visi menjadikan Program Studi Strategi Operasi Laut sebagai program studi unggulan dan terdepan yang berstandar nasional maupun internasional, serta menjadi Center Of Excellence On Naval and Maritime Science untuk mewujudkan perwira menengah (Pamen) TNI Angkatan Laut yang profesional, tangguh, dan berkarakter. 

Pencapaian visi tersebut telah dijabarkan dalam enam misi yang salah satunya mendidik, membekali, dan memantapkan Pamen TNI Angkatan Laut dengan keilmuan di bidang keangkatan lautan dan kemaritiman terkini.

“Para Pasis Susjemenstra TNI AL di sini diarahkan untuk mampu berfikir logis, strategis, dan paradigmatis dengan menggunakan alur pemikiran yang didasari pada landasan filosofi Pancasila dan landasan konstitusi UUD RI 1945, landasan teori bidang keilmuan berkaitan dengan hal tersebut, diharapkan kajian-kajian aspek pertahanan matra laut, Taskap, Taskapok, hasil seminar, dan produk-produk akademis lahir dari Seskoal ini, untuk selanjutnya dirumuskan sebagai kontribusi positif bagi TNI Angkatan Laut, TNI, maupun pemerintah,” tegas Danseskoal.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Kepala Pusat Pengkajian Maritim (Kapusjianmar) Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si (Han), Kepala Koordinator Dosen (Kakoordos) Seskoal Laksamana Pertama TNI Judijanto, S.T., M.Si., M.A.,CHRMP., Sekertaris Lembaga (Seklem) Seskoal Kolonel Laut (S) Untung Purnomo, S.E., M.Psi., CHRMP., CfrA., dan para pejabat utama Seskoal lainnya.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com