Published On: Thu, Apr 1st, 2021

Danseskoal Pimpin Upacara Pembukaan Pendidikan Kursus Manajemen Stratejik TNI AL

Danseskoal saat membuka upacara pendidikan kursus manajemen stratejik TNI AL.

Danseskoal saat membuka upacara pendidikan kursus manajemen stratejik TNI AL.

MN, Jakarta – Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han) memimpin Upacara Pembukaan Pendidikan Kursus Manajemen Strategik (Susjemenstra) TNI AL Angkatan ke-16 TA 2022 di Auditorium Jos Soedarso Seskoal, Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Salatan, Selasa (30/3).

Pendidikan Susjemenstra TNI AL Angkatan ke-16 TA 2021 ini, diikuti oleh 45 Perwira Siswa (Pasis). Ke-45 Pasis tersebut, terdiri dari empat Perwira Korps Pelaut, tujuh Perwira Korps Teknik, satu Perwira Korps Elektronika, sembilan Perwira Korps Suplai, satu Perwira Korps Marinir, sepuluh Perwira Korps Kesehatan, delapan Perwira Korps Khusus, dan lima Perwira Korps Polisi Militer TNI AL (Pomal).

Sesuai rencana pendidikan, Susjemenstra TNI AL ini akan dilaksanakan selama kurun waktu empat bulan ke depan ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) TNI AL yang selaras dengan program prioritas Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.

“Kursus Manajemen Strategik TNI AL merupakan wahana pengembangan dan pematangan pola pikir, pola sikap, serta pola tindak para perwira yang diorientasikan kepada upaya untuk mampu menyiapkan informasi kepada atasan secara cermat dan benar, mampu menyiapkan rencana pembinaan dan penggunaan kekuatan, serta mampu menjabarkan setiap keputusan dan rencana tugas ke dalam rencana kegiatan maupun pelaksanaanya dan juga memperluas cakrawala pandang dan mempertajam kemampuan analisis yang memiliki visi jauh ke depan,” ungkap Danseskoal Laksamana Muda TNI Dr.Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han).

Seskoal sebagai Center of Excellence On Naval and Maritime Science dengan peran,tugas dan fungsinya dalam penyelenggaraan Kursus Manajemen Strategik TNI AL, berkewajiban untuk mendidik, membekali, dan memantapkan para Perwira Menengah (Pamen) TNI AL terpilih, untuk disiapkan menjadi prajurit TNI Angkatan Laut yang berjiwa pejuang Sapta Marga, memiliki kesegaran jasmani yang baik, serta profesionalisme matra laut yang mampu mengemban tugas-tugas sebagai perwira staf khusus.

Di akhir amanatnya Danseskoal Laksamana Muda TNI Dr.Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han)., memberikan beberapa penekanan kepada para Pasis Susjemenstra TNI AL. Pertama, manfaatkan waktu selama mengikuti pendidikan sebaik-baiknya secara aktif, dewasa, dan mandiri dalam menggunakan setiap kesempatan guna meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan sebagai bekal penugasan yang akan datang. 

Kedua, optimalkan segala kemampuan dengan senantiasa membudayakan pola kerja keras serta berfikir cerdas agar mampu berprestasi dan berhasil menjadi perwira yang memiliki tingkat kemampuan profesi yang tinggi, antisipatif, adaptif terhadap dinamika perkembangan lingkungan strategis, serta dapat mengembangkan kemampuan untuk menjadi lebih kreatif, inovatif, dan proaktif dalam mengatasi berbagai permasalahan sehingga dapat mengambil keputusan secara cermat, cepat, dan tepat. 

Ketiga, kejujuran adalah syarat utama dalam melaksanakan setiap tugas, upayakan para Pasis tidak melakukan tindakan yang tidak terpuji, berlatihlah berfikir strategis, bersikap, serta bertindak bijaksana dan mampu mengatur sumber daya dengan baik dan optimal. 

Keempat, jalin kerja sama yang positif antar pasis, jaga kekompakan, dan pererat rasa kebersamaan dan kekeluargaan.

Turut hadir dalam Upacara Pembukaan Susjemenstra TNI AL tersebut Wadan Seskoal Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E., M.Si., M.Tr.Opsla, Kepala Koordinator Dosen (Kakoordos) Seskoal Laksamana Pertama TNI Judijanto, S.T., M.Si., M.A.,CHRMP., Sekertaris Lembaga (Seklem) Seskoal Kolonel Laut (S) Untung Purnomo, S.E., M.Psi., CHRMP., CfrA., Sekdisdikal Kolonel Laut (KH) Dr.Sudardi, S.H., M.H., M.M.,M.Tr.Opsla., Paban III Dik Spersal Kolonel Laut (P) Dr.H.Yudho Warsono, S.E., M.M., Sekdisminpersal Kolonel Laut (S/W) Dwi Susilowati, para pejabat utama, serta perwakilan dosen Seskoal.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com