Published On: Fri, Aug 13th, 2021

IPC Punya Buffer Area, Tidak Ada Parkir Liar

Truk petikemas sedang parkir dengan rapih di buffer area ex inggom

MN, Jakarta – PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/IPC sejak Oktober 2018 mulai menyiapkan fasilitas buffer area di ex Lapangan Pacific Paint (ex Inggom) di sisi barat pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara, dalam rangka upaya memperlancar arus barang dan bongkar muat di pelabuhan international tersebut.

“Keberadaan buffer area ex Inggom disediakan oleh IPC untuk parkir truk petikemas, kami pastikan tak ada kantong parkir liar di dalam pelabuhan Tanjung Priok,” terang EVP Sekretariat Perusahaan IPC, Ali Mulyono kepada Maritimnews di Jakarta, Jumat (13/8).

Dari pihak Port Facility Security Officer (PFSO) selalu rutin berkegiatan melakukan patroli untuk menghalau para supir truck petikemas yang parkir tidak pada tempatnya di dalam area pelabuhan Tanjung Priok, atau dapat juga dimasukan ke lokasi buffer area JICT II.

Bahkan pihak IPC guna meningkatkan pelayanan operasional sudah memberlakukan sistem Auto Gate di buffer area truck ex Lapangan Pacific Paint (ex Inggom) dengan menggunakan kartu elektronik sesuai tarif pas pelabuhan pada saat keluar masuk area, itu efektif berlaku sejak tanggal 15 Juli 2021.

Adapun fasilitas buffer area seluas lima blok atau 8.872,5 m2 dengan kapasitas 94 truk berlokasi di ex Inggom pelabuhan Tanjung Priok, sebagai lahan bagi truk trailer yang sedang menunggu (antrian) sebelum melakukan kegiatan bongkar dan muat di terminal.

“Kedepan kami akan melakukan perluasan lahan buffer area dengan menambahkan tiga blok atau 4.966,5 m2 dan dapat menampung sebanyak 57 unit truk petikemas termasuk pakai digitalisasi,” pungkasnya.

Namun fasilitas kantong parkir truk ex Inggom itu masih dianggap tidak efektif karena mayoritas pergerakan kendaraan truk didominasi dari wilayah timur pelabuhan Tanjung Priok yakni Bekasi, Cikarang, Cikampek, Bandung, khususnya hinterland di Jawa Barat dan sekitarnya.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com