Published On: Tue, Sep 21st, 2021

Fasilitas Isoter KM Lawit Akhiri Tugas di Pelabuhan Panjang

KM Lawit sebagai kapal Isoter sandar di dermaga pelabuhan Panjang

MN, Panjang – Kegiatan Kapal Isolasi Terpusat dalam rangka penanganan pasien kasus terkonfirmasi tanpa gejala Covid-19 untuk KM Lawit di pelabuhan Panjang, berdasarkan perjanjian kerja sama (PKS) dengan masa kontrak 20 Agustus-18 September 2021 antara Kementerian Perhubungan, Pemprov Lampung dan PT PELNI (Persero), kini telah berakhir.

Plt Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan (KSOP) Kelas I Panjang, Capt Hendri Ginting menjelaskan, bahwa KM Lawit tiba di dermaga Panjang pada 16 Agustus 2021, kemudian BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Provinsi Lampung melakukan persiapan pasang sekat dan pemenuhan kebutuhan di atas kapal (Seprei, Sarung Bantal, Alat Mandi, dan lainnya).

Selanjutnya pada tanggal 18 Agustus 2021, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengunjungi KM Lawit untuk memastikan kesiapan kapal sebagai Isoter, lalu tanggal 20 Agustus 2021 dilaksanakan penandatanganan PKS dengan Nomor kontrak HK.201/2/18/DJPL/2021 di Bandar Lampung.

“KM Lawit sudah menjalankan tugas sebagai kapal Isoter sekitar satu bulan di dermaga pelabuhan Panjang, saat ini kapal docking di Tanjung Priok, dan akan kembali ke home base mereka di Tanjung Emas Semarang,” terang Capt Hendri didampingi Kabag TU Hary Bowo di Pelabuhan Panjang kepada Maritimnews, Senin (20/9).

Menurut data dari KSOP Kelas I Panjang, kapasitas Kapal Motor Lawit sebagai Isoter pasien Covid-19, tersedia 431 bed (Tenaga Kesehatan 18 bed & pasien 413 bed). Dimana di posisi hari Sabtu tanggal 18 September 2021, tercatat jumlah pasien masuk/keluar sebesar 18 orang pasien Asimotomatik atau tanpa gejala.

Seperti diketahui bersama, Pemerintah Republik Indonesia menyediakan enam kapal motor milik PT PELNI (status port stay) yang tersebar di beberapa daerah sebagai tempat Isoter bagi pasien Covid-19. Keenam kapal Isoter, antara lain berada di area pelabuhan Makassar, Belawan, Bitung, Sorong dan Panjang Lampung.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com