Published On: Wed, Sep 1st, 2021

Harry: Merger Pelindo, Who’s a Leader?

Harry Sutanto

MN, Jakarta – Langkah merger dan integrasi PT Pelabuhan Indonesia (Persero) I, II, III, IV menjadi satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pelabuhan, dapat dianalogikan ibarat empat kapal besar, tentunya dengan ukuran berbeda. Kemudian dijadikan sebagai satu kapal raksasa atau mega carrier. Kini pertanyaannya, who’s next leader Pelindo?

Harry Sutanto, salah satu Ketua Himpunan Ahli Pelabuhan Indonesia (HAPI) mengatakan, bahwa merger Pelindo merupakan langkah  tepat dan bersejarah, namun yang kritikal adalah siapa CEO yang akan memimpin dan menghela Pelindo Bersatu dalam rangka mewujudkan industri kepelabuhanan nasional serta meningkatkan konektivitas maritim.

“Saya sangat yakin talent yang ada sekarang ini diinternal Pelindo, mampu untuk mengemban tugas sebagai nakhoda Pelindo Bersatu,” tutur Harry Sutanto kepada Maritimnews di Jakarta, Rabu (1/9).

Harry menegaskan, sebaiknya sang leader/nakhoda merupakan sosok yang punya knowledge industri kepelabuhanan yang dinamis, dan harus dari dalam Pelindo sendiri. Sebab integrasi bukan hanya masalah teknikal, tapi ada tugas sama beratnya, yaitu kemampuan mengharmonisasikan 4 kultur wilayah berbeda menjadi kultur Pelindo pasca merger.

“Pasca merger, kebijakan Pelindo Bersatu harus lebih ramah kepada pasar, khususnya mengenai kebijakan pentarifan dan kebijakan bersifat relaksasi pada saat pandemi Covid-19 yang belum dapat diprediksi sampai kapan bakal berakhir,” pungkasnya.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com