Published On: Sat, Sep 18th, 2021

Pelayanan Pengobatan dan Distribusi Tol Laut Bagi Suku Elseng Papua

Pihak KSOP Jayapura turun mendistribusikan Tol Laut untuk masyarakat Suku Elseng, Papua

MN, Jayapura – Suku Elseng yang keberadaannya masih terisolir dan nomaden di Tanah Tabi Papua mendapat perhatian Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Jayapura, didukung Komunitas Medis Papua Tanpa Batas serta Forum Senior dan Milenial Papua (FORSEMI) dengan menggelar kegiatan pelayanan pengobatan dan distribusi Tol Laut, Sabtu (18/9).

Adalah masyarakat Suku Elseng, salah satu suku di Tanah Tabi yang masih terisolir, primitif dan nomaden. Upaya pemerintah hingga saat ini belum sepenuhnya dapat menyentuh mereka. Namun melalui kegiatan pelayanan pengobatan dan distribusi Tol Laut, diharapkan jadi bukti nyata kehadiran Pemerintah bagi masyarakat di pedalaman juga terisolir.

Kepala KSOP Kelas II Jayapura, Taher Laitupa di Jayapura mengatakan, Tol Laut merupakan Program Strategis Nasional yang dicetuskan Presiden Joko Widodo dan terus menyentuh ke setiap wilayah Papua. Sebagai momentum bagi seluruh komponen bangsa, khususnya stakeholder maritim di Provinsi Papua untuk terus bersinergi dan meningkatkan penggunaan Tol Laut.

Pihak KSOP Kelas II Jayapura bersama Komunitas Medis Papua Tanpa Batas dan FORSEMI memberikan pelayanan medis dan bantuan bahan makanan kepada Suku Elseng dan masyarakat Kampung Bangai di Distrik Gresi Selatan, Genyem, Kabupaten Jayapura, Papua.

Kasie Lala KSOP Kelas II Jayapura, Willem Thobias Fofid menambahkan, bahwa melalui semangat Hari Perhubungan Nasional 2021, diharapkan menjadi momentum untuk pasokan distribusi logistik Tol Laut agar menjangkau masyarakat didaerah pegunungan dan terisolir, sesuai tema Harhubnas 2021 yakni Bergerak Harmonikan Indonesia.

“Peningkatan penggunaan Tol Laut pada tahun 2021 dengan konektivitas logistik terus meningkat. Hal ini dapat dilihat dari jumlah muatan pada Voyage 8 dan 9 Trayek T-19 lintas Papua yang mencapai 61 kontainer,” pungkasnya.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com