Published On: Mon, Sep 6th, 2021

Target IPC Sunda Kelapa Punya Buffer Area Khusus Truk

Pelabuhan Sunda Kelapa

MN, Jakarta – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau IPC Sunda Kelapa bakal menambah fasilitas baru, untuk menertibkan kendaraan truk yang beroperasi di pelabuhan tersebut akan disediakan buffer area seluas 6.000 m2 (eks Masjid Al Bahri). Namun saat ini, rencana itu masih dalam tahap DED (detail engineering design).

DGM Komersial, Operasional dan Teknik IPC Sunda Kelapa, Hery Irwana menjelaskan, bahwa buffer area khusus truk dibutuhkan sebagai upaya menertibkan, sekaligus menyediakan lahan parkir bagi kendaraan truk yang melakukan kegiatan bongkar muat cargo maupun curah di pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara.

“Kedepan diharapkan tidak ada lagi kendaraan truk parkir sembarangan, yang dapat mengakibatkan terjadinya hambatan di area pelabuhan Sunda Kelapa, tentunya dengan memanfaatkan buffer area,” terang Hery Irwana kepada Maritimnews di Jakarta, Senin (6/9).

Selain menertibkan kendaraan truk, keberadaan buffer area juga didasari oleh throughput, walaupun tidak signifikan karena efek Pandemi Covid-19. Tercatat data trafik operasional IPC Sunda Kelapa pada semester I tahun 2021, arus kapal sebesar 1,194,431 GT, non petikemas 1,172,095 Ton, dan petikemas 42,300 TEUs.

“Potensi kenaikan trafik arus barang di pelabuhan Sunda Kelapa harus didukung dengan fasilitas buffer area khusus truk, agar tertib serta dapat memperlancar kegiatan bongkar muat barang,” pungkasnya.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com