Published On: Sat, Oct 9th, 2021

Didaulat Aspeksindo Sebagai Tokoh Penjaga Kedaulatan Maritim, Laksamana Yudo Margono Tekankan Pentingnya Sinergi TNI dan Pemda Pesisir

Foto bersama Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dengan penerima penghargaan lainnya di Munas II Aspeksindo di atas KRI Semarang-594, Jum'at (8/10).

Foto bersama Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dengan penerima penghargaan lainnya di Munas II Aspeksindo di atas KRI Semarang-594, Jum’at (8/10).

MN, Tanjung Pandan – Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspekindo) memberikan penghargaan kepada Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono sebagai “Tokoh Penjaga Kedaulatan Maritim” dalam Musyawarah Nasional (Munas) II Apeksindo, Jum’at (8/10).

Penghargaan yang diberikan di atas KRI Semarang-594 yang tengah berlayar di Perairan Bangka Belitung ini diberikan karena Apeksindo menilai Laksamana Yudo dianggap berhasil memimpin TNI AL dalam menjaga kedaulatan maritim negeri ini. 

Dalam Munas II Apeksindo yang dibuka langsung secara virtual oleh Wakil Presiden RI Dr. (HC) KH Ma’ruf Amin ini,  Laksamana Yudo menekankan pentingnya sinergi antara TNI AL dengan para pelaksana pemerintahan di wilayah-wilayah peisir dan kepulauan.

“Tidak mungkin atau mustahil TNI Angkatan Laut (TNI AL) bisa berdiri sendiri tanpa kerja sama dengan pemerintah daerah pesisir dan kepulauan dalam mewujudkan keamanan maritim Indonesia,” ungkap alumni Akabri tahun 1988 tersebut dalam forum yang mengambil tema “Satu Laut Sejuta Manfaat” ini.

Lebih lanjut, mantan Pangkogabwilhan I ini menjelaskan bahwa tugas penjagaan keamanan wilayah laut kita mencakup banyak aspek yang harus diemban TNI AL, baik aspek hukum, kedaulatan, serta banyak aspek terkait ancaman lainnya.

“TNI AL dalam menjalankan tugas menjaga keamana laut tidak terbatas penegakan hukum dan kedaulatan di laut, namun menjamin pengguna laut bebas dari segala bentuk gangguan dan ancaman berupa ancaman kekerasan, ancaman navigasi, ancaman pelanggaran hukum, serta ancaman terhadap sumer daya kelautan,” lanjutnya.

Di hadapan pembicara ahli lainnya seperti Ketua Dewan Pakar Aspeksindo Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, MS., Ketua Umum Aspeksindo Abdul Gafur Mas’ud, Gubernur Bangka Belitung Dr. H. Erzaldi Rosman, serta Bupati Belitutng H. Sahani, S. Sos, Laksamana Yudo juga menekankan pentingnya sinergi lintas sektor antara lembaga atau instansi terkait lainnya, bukan hanya TNI AL dan pemerintahan daerah, untuk menyelesikan berbagai kompleksnya permasalahan kemaritiman negeri kita.

“Menyadari akan kewenangan dan kemampuan yang dimiliki TNI AL, serta kompleksitas permasalahan maritim yang harus dilaksanakan secara lintas sektoral, maka TNI AL senantiasa membina kemitraan dan mendorong kementerian atau instansi terkait lainnya untuk berkolaborasi mengamankan perbatasan NKRI,” tegas salah satu calon kuat Panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto ini.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com