Published On: Wed, Oct 20th, 2021

Dukung Percepatan Vaksinasi Masyarakat, TNI AL Kirim Nakes ke Bogor dan Tangerang

Pangkoarmada I saat memberikan keterangan setelah Upacara Pelapasan Nakes.

Pangkoarmada I saat memberikan keterangan setelah Upacara Pelapasan Nakes.

MN, Jakarta – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) melepas 220 Tenaga Kesehatan (Nakes) TNI AL, Satuan Tugas Vaksinasi Maritim Covid-19 ke Wilayah Aglomerasi Bogor dan Tangerang di Lapangan Apel Markas Koarmada I, Jakarta Pusat, Selasa (19/10).

Dalam amanat yang dibacakan oleh Pangkoarmada I, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menekankan pentingnya vaksinasi sebagai salah satu cara yang dianggap paling efektif meningkatkan kekebalan tubuh demi memutus rantai penularan Covid-19 yang sudah melanda seluruh dunia dan sebagai bagian dari kelompok integral pertahanan negara, TNI AL akan terus mendukung percepatan putusnya rantai penularan ini.

“Untuk itu, sudah menjadi tugas kita, TNI Angkatan Laut, yang merupakan bagian integral dari komponen utama pertahanan negara untuk terus mendukung program pemerintah dalam pelaksanaan percepatan dan peningkatan program vaksinasi Covid-19 guna mempercepat pencapaian herd immunity menuju Indonesia yang sehat dan bebas dari Covid-19,” ujar Kasal dalam amanatnya.

Mantan Pangkogabwilhan I ini mengungkapkan bahwa ini merupakan bentuk komitmen TNI dan TNI AL dalam mendukung berbagai upaya pemerintah mewujudkan tercapainya herd imunity itu.

“Kegiatan ini merupakan wujud TNI untuk mempercepat program vaksinasi nasional ke seluruh wilayah Indonesia, juga sebagai bentuk nyata kesiapan kekuatan Angkatan Laut yang siap dioperasionalkan operational ready force,” ujar perwira tinggi TNI AL dengan empat bintang di pundak itu.

Lebih lanjut, dalam amanatnya tersebut, Laksamana Yudo berharap kegiatan yang merupakan salah satu bentuk implementasi pengabdian TNI yang dapat secara langsung menyentuh masyarakat ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat luas, khususnya bagi masyarakat wilayah algomerasi Bogor dan Tangerang yang akan dikunjungi oleh 220 Nakes ini.

“Sebagai satu bangsa yang utuh dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia, kita semua harus dan pasti bisa mengatasi segala tantangan dan persoalan yang dihadapi saat ini secara bersama,” ujarnya.

Melengkapi amanat Kasal, Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Asryad Abdullah menegaskan bahwa ini merupakan perintah Kasal dalam rangka mendukung percepatan program pemerintah vaksinasi Covid-19. 

Laksda Asryad menjelaskan bahwa kegiatan yang masuk dalam program serbuan vaksinasi maritim ini, yang sebelumnya telah dilakukan dengan menyasar masyarakat pesisir, masyarakat nelayan, dan pelabuhan-pelabuhan, kali menyasar masyarakat yang berada wilayah non pesisir, yaitu Bogor dan Tangerang. 

“Kali ini, saya sesuai perintah Kepala Staf Angkatan Laut melepas tenaga kesehatan untuk melaksanakan serbuan vaksinas maritim di daerah aglomerasi Bogor dan Tangerang karena di sana tingkat vaksinasi masih rendah sehingga perlu kita dukung melaksanakan vaksinasi di sana,” jelasnya.

Pria yang sebelumnya menjabat sebagai Pangkolinlamil ini juga menerangkan bahwa para Nakes yang diterjunkan tersebut nantinya akan turut serta bergabung dengan tim lain yang juga turut serta melakkukan vaksinasi di wilayah itu untuk meningkatkan persentase masyarakat yang sudah tervaksin secepat mungkin.

“Vaksinasi kali ini merupakan gabungan. Nantinya kita akan bergabung dengan TNI-Polri di sana, agar dapat segera meningkatkan persentase vaksinasi di wilayah aglomerasi Bogor dan Tangerang,” terangnya.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com