Published On: Thu, Oct 21st, 2021

Kemenhub Segera Tetapkan Alur Pelayaran Pelabuhan Kendal dan Pekalongan

Kegiatan FGD mengenai Alur Pelyaran Pelabuhan Kendal dan Pelabuhan Pekalongan

MN, Semarang – Direktorat Kenavigasian, Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub berupaya melakukan peningkatan keselamatan dan keamanan pelayaran di Pelabuhan Kendal dengan menetapkan Alur-Pelayaran Pelabuhan Kendal dan Pelabuhan Pekalongan yang memiliki pertumbuhan ekonomi cukup tinggi serta didukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) terbaik di Jawa Tengah.

Direktur Kenavigasian, Hengki Angkasawan dalam sambutannya saat membuka acara Focus Group Discussion (FGD) Penetapan Alur-Pelayaran Pelabuhan Kendal dan Pelabuhan Pekalongan di Semarang, Selasa (19/10) menjelaskan, bahwa Kemenhub berupaya melakukan peningkatan keselamatan dan keamanan pelayaran, dan diawali pelaksanaan survey terhadap alur pelabuhan masuk ke pelabuhan tersebut.

“Pengembangan transportasi laut harus selaras dengan pengembangan kawasan Kendal, dimana Pelabuhan Kendal akan diarahkan menjadi Pelabuhan Smart Logistic di Pulau Jawa dan pembangunan infrastruktur Pelabuhan Kendal diharapkan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah,” terang Hengky.

Sementara itu, Pelabuhan Pekalongan lebih dikhususkan untuk pengembangan sektor perikanan di Provinsi Jawa Tengah. Dilihat dari kondisi geografis dan garis pantai laut Jawa, Pelabuhan Pekalongan memiliki sedimentasi cukup tinggi yang merupakan gabungan dari 4 (empat) anak sungai.

“Pelabuhan Pekalongan sektor perikanan menjadi salah satu komoditas andalan yang mempunyai nilai tertinggi jika dibandingkan dengan dengan pertanian maupun peternakan,” jelasnya.

Dengan semua potensi yang ada di Kabupaten Kendal maupun Kota Pekalongan, terlihat betapa pentingnya penetapan Alur-Pelayaran bagi keselamatan dan keamanan pelayaran.

“Penataan Alur-Pelayaran Pelabuhan Kendal dan Pelabuhan Pekalongan sudah selayaknya dilaksanakan dan segera ditetapkan demi mendukung kelancaran pertumbuhan ekonomi atau kegiatan perikanan khususnya di Jawa Tengah,” pungkasnya.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com