Published On: Mon, Dec 6th, 2021

Rencana Kenaikan Tarif Pas Pelabuhan Priok Telah Disepakati Bersama

Gate pelabuhan Tanjung Priok

MN, Jakarta – Rencana kenaikan Pas Pelabuhan Tanjung Priok oleh PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Tanjung Priok mulai tanggal 1 Januari 2022 mendatang, sebelumnya telah disepakati pihak Asosiasi yang mewakili pelaku usaha angkutan barang, yakni DPD Angsuspel DKI Jakarta, DPD Aptrindo DKI Jakarta, dan Klub Logindo, serta diketahui oleh Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok.

Hal tersebut dikatakan General Manager Pelindo Regional 2 Tanjung Priok, Silo Santoso menanggapi rencana penyesuaian tarif pas pelabuhan yang terkait upaya perusahaan melakukan peningkatan kualitas layanan melalui investasi secara berkelanjutan, termasuk melalui pengembangan fasilitas untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa kepelabuhanan.

“Tarif Pas Pelabuhan yang berlaku saat ini merupakan tarif yang berlaku sejak tahun 2011, atau sudah 10 tahun belum pernah disesuaikan. Di sisi lain kami melakukan pengembangan (investasi) guna meningkatkan kualitas layanan kepada pengguna jasa, khususnya angkutan barang. Pembahasan usulan penyesuaian tarif pas pelabuhan sudah dimulai dengan asosiasi dari beberapa tahun lalu,” terang Silo Santoso bersama Regional Head 2, Guna Mulyana di Jakarta, Sabtu (5/12).

PT Pelindo (Persero) Regional 2 Tanjung Priok sendiri berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa. Khusus bagi pelaku usaha angkutan barang, telah dilakukan berbagai pengembangan fasilitas antara lain, peningkatan kekuatan dan pelebaran jalan di area pelabuhan, penguatan instalasi penerangan di sejumlah titik pelabuhan.

Termasuk peningkatan drainase untuk pencegahan banjir, instalasi fasilitas Closed Circuit Television (CCTV) untuk memperkuat keamanan dan monitoring lalu lintas di pelabuhan, serta implementasi autogate dan e-payment system guna mendukung kelancaran proses pada saat memasuki area pelabuhan.

Silo Santoso menambahkan, bahwa pihaknya menyediakan beberapa fasilitas buffer area sebagai tempat menunggu sementara bagi angkutan truk untuk membantu mengurangi kepadatan di dalam area pelabuhan. PT Pelindo juga tengah menyiapkan layanan Single Truck Identification System Data (STID) yang diharapkan dapat meningkatkan fungsi kontrol dan meningkatkan kelancaran operasional dan lalu lintas di pelabuhan.

Dalam beberapa tahun ke depan, PT Pelindo juga memiliki rencana mendukung kelancaran lalu lintas di dalam dan sekitar area pelabuhan seperti pembangunan jalan akses langsung dari Jl Industri 1 menuju Pelabuhan Tanjung Priok, relayouting jalan di area pelabuhan, peningkatan Traffic Management System, serta pembangunan New Priok Eastern Access (NPEA).

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com