Published On: Tue, Feb 22nd, 2022

KRI Tenggiri-865 Bantu Kapal Nelayan yang Kandas di Perairan Kepulauan Seribu

Dok Foto: Dispenal

 

Jakarta (Maritimnews) – Gerak Cepat, TNI Angkatan Laut melalui Unsur Satrol Lantamal III Jakarta yaitu KRI Tenggiri (TGR)-865 yang tergabung dalam Operasi Alur Arnawa 22, Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada I, berhasil membantu menyelamatkan Kapal Motor (KM) Jimmy Wijaya 23 yang kandas di Perairan Timur Pulau Ayer Kepulauan Seribu, Senin (21/02/2022) kemarin.

Komandan KRI TGR-865 Mayor Laut (P) Arriman S.M membenarkan kejadian tersebut dan membeberkan kronologis kejadiannya.

“Berawal dari laporan masyarakat bahwa ada sebuah kapal kandas pada gugusan terumbu karang di sekitaran Pulau Ayer Kepulauan Seribu, kemudian ditindaklanjuti dengan mendatangi lokasi kejadian dan memberikan bantuan dengan menurunkan sekoci karet guna mengidentifikasi kemungkinan lepas dari karang tersebut,” ungkapnya.

Lebih lanjut Komandan KRI TGR-865 menyampaikan bahwa berdasarkan pertimbangan cuaca dan hari telah gelap, maka proses evakuasi dilanjutkan keesokan harinya sambil menunggu saat air pasang tertinggi. Kapal nelayan KM Jimmy Wijaya 23 akhirnya berhasil keluar dari karang dalam pengawasan KRI TGR-865, Prajurit KRI Tenggiri-865 memastikan tidak terjadi kebocoran sebelum diijinkan melanjutkan pelayaran.

Sementara itu, Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada I, Laksma TNI Hudiarto Krisno Utomo mengapresiasi apa yang dilakukan oleh unsur BKO-nya.

“Sudah menjadi tugas unsur KRI yang sedang melaksanakan operasi untuk memberikan rasa aman dan membantu kesulitan pengguna laut, hal ini sesuai kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yang disampaikan oleh Pangkoarmada I, Laksda TNI Arsyad Abdullah, agar memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki termasuk alutsista untuk membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan,” tutur Laksma Krisno.

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com