Published On: Sat, Sep 10th, 2022

Ziarah ke Makam Pahlawan Warnai Rangkaian Peringatan HUT TNI AL Ke-77

 

Dok Foto : Dispenal.

Jakarta (Maritimnews) – Dalam rangka peringatan HUT ke-77 TNI Angkatan Laut,  Satuan Jajaran TNI AL di seluruh Indonesia mengadakan kegiatan ziarah ke Taman Makam Pahlawan di wilayah masing-masing secara serentak pada tanggal 9 September 2022.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono memimpin langsung Upacara Ziarah yang dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan 10 Nopember Jalan Mayjen Sungkono, Surabaya. Sedangkan pelaksanaan Upacara Ziarah di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata dipimpin oleh Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono.

Ziarah TNI AL ke Taman Makam Pahlawan dimaksudkan untuk menghargai dan mengenang jasa para Pahlawan yang telah gugur demi bangsa dan negara, serta untuk membangkitkan semangat prajurit TNI AL generasi saat ini untuk terus mengabdi demi kejayaan bangsa Indonesia tanpa mengenal menyerah dengan meneladani perjuangan para Pahlawan.

Upacara Ziarah dilaksanakan secara hikmat dengan diisi kegiatan antara lain: Penghormatan kepada Arwah Pahlawan; Mengheningkan Cipta; Peletakan karangan bunga di Monumen; Penghormatan terakhir kepada Arwah Pahlawan; dilanjutkan tabur bunga di pusara oleh inspektur upacara diikuti peserta upacara.

Kegiatan ziarah serentak di Taman Makam Pahlawan oleh Jajaran TNI AL seluruh di Indonesia merupakan rangkaian kegiatan memperingati HUT ke-77 TNI Angkatan Laut yang selama dua tahun tidak dilaksanakan karena pandemi Covid-19 dan bertindak sebagai ketua panitia Kepala Dinas Pembinaan Mental Angkatan Laut (Kadisbintalal) Brigadir Jenderal TNI (Mar) Sandy Muchjidin Latief.

Rangkaian kegiatan HUT ke-77 TNI AL yang telah dilaksanakan sebelumnya diantaranya: TNI AL telah berhasil memecahkan Rekor MURI bahkan Rekor Dunia yakni penanaman mangrove di lokasi terbanyak seluruh Indonesia; pengibaran bendera di bawah air di 77 titik seluruh Indonesia; donor darah di atas kapal perang terbanyak; khitanan massal di atas kapal perang terbanyak; pembersihan plak dan karang gigi dengan jumlah dan lokasi terbanyak; serta pencanangan Gerakan Nasional Laut Bersih dengan melaksanakan bersih-bersih laut serentak; dan pencanangan penanaman sorgum nasional serentak di 77 lokasi di seluruh Indonesia.

Selain itu juga dilaksanakan kegiatan: Bhakti Sosial dan Karya Bhakti untuk masyarakat khususnya yang tinggal di pesisir pantai; Fun Run 7,7 km yang digelar serentak di seluruh Indonesia pada hari Minggu, 11 September 2022 (di Jakarta dilaksanakan di wilayah Kelapa Gading, Jakarta Utara).

Sedangkan untuk Upacara Parade HUT ke-77 TNI Angkatan Laut akan dilaksanakan terpusat pada hari Senin, 12 September 2022 di Pondok Dayung, Jakarta Utara dengan mengusung tema “Membangun Kejayaan Maritim Untuk Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. (*)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com