Published On: Sun, Nov 20th, 2022

Hubla Gelar Kampanye Keselamatan Pelayaran Di Kupang

Kampanye Kespel sekaligus penyerahan Life Jacket bagi Nelayan setempat

Kupang (Maritimnews) – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan terkait aspek keselamatan pelayaran bagi seluruh jajaran UPT Ditjen Hubla di Provinsi NTT, Dinas Perhubungan, Pemilik dan operator kapal (penumpang dan barang) serta kapal tradisional, pihak KSOP Kelas III Kupang menggelar kegiatan Kampanye Keselamatan Pelayaran di Kupang, Jum’at (18/11) yang diikuti oleh 200 orang masyarakat maritim setempat.

Direktur Perkapalan dan Kepelautan Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub, Ahmad Wahid menjelaskan, bahwa kegiatan Kampanye Keselamatan Pelayaran yang diadakan tersebut untuk mengingatkan kembali pentingnya memperhatikan aspek keselamatan pelayaran.

Para peserta yang berjumlah 200 orang diberikan beberapa materi kelaiklautan kapal seperti aspek keselamatan kapal, pengawakan kapal, pencegahan pencemaran dan manajemen keselamatan kapal, kesyahbandaran, persyaratan pelataran keselamaan kapal dan Klasifikasi kapal.

“Semoga bermanfaat dan dapat meningkatkan kesadaran kita semua tentang pentingnya aspek keselamatan dan keamanan pelayaran serta membudayakan pengunaan alat keselamatan,” ujar Ahmad Wahid.

Sementara itu Kasubdit Keselamatan Kapal Ditjen Hubla, Wahyu Ardhiyanto menyebutkan dalam kampanye keselamatan tersebut dibagikan secara gratis 300 life jacket yang telah disertifikasi oleh Balai Teknologi Keselamatan Pelayaran.

“Life Jacket dibagikan kepada para operator kapal tradisional. Selain itu juga dibagikan Pas Kecil yang merupakan dokumen kepemilikan kapal di bawah GT 7,” terangnya.

Kegiatan kampanye keselamatan pelayaran ini juga didukung oleh instansi dan stakeholder terkait seperti Dinas Perhubungan Provinsi NTT, Dinas Perhubungan Kota Kupang, Basarnas Kupang, Jasa Raharja Kupang, Pelindo Kupang, Bakamla, Polair, Bea Cukai, Imigrasi dan TNI AL.

“Diharapkan dengan Kampanye keselamata pelayaran ini, tingkat kesadaran tentang pentingnya mengutamakan keselamatan dalam menggunakan moda transportasi laut semakin meningkat, sehingga kecelakaan kapal dapat dihindari,” pungkasnya.

(Bayu/MN)

 

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com