Published On: Tue, Apr 11th, 2023

Situasi Lingstra Kian Tak Menentu, TNI AL Berbenah Merotasi Jabatan

Dok Foto: Dispenal.

Jakarta (Maritimnews) – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menerima Pelaporan Korps Kenaikan Pangkat (Kenkat) sebanyak lima Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Laut, bertempat di Lobby Utama Gedung R.E. Martadinata, Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (10/4).

Lima perwira tinggi yang melaksanakan Pelaporan Kenaikan Pangkat terdiri dari empat Pati Bintang Satu yang menerima kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi menjadi Bintang Dua yaitu Laksamana Muda TNI (Laksda) TNI Dr. Endro Legowo menjabat Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan Universitas Pertahanan, Laksda TNI Jalasena Satriyawirya menjabat sebagai Pengajar Bidang Kependudukan Lemhannas, Laksda TNI Dr. Samuel H. Kowaas menjabat sebagai Deputi Bidang Informasi Hukum dan Kerja Sama Bakamla, Laksda TNI Bambang Irawan menjabat Deputi Bidang Operasi dan Latihan Bakamla.

Sedangkan satu Kolonel yang mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi menjadi Bintang Satu yaitu Laksma TNI R. Kukuh Sulistijono yang saat ini menjabat sebagai Pa Sahli Tk. II Kumham dan Narkoba Sahli Bid. Sosbudkum HAM dan Narkoba Panglima TNI.

Dalam kesempatan itu, di hadapan para perwira tinggi, Kasal menekankan bahwa, jabatan dan amanah yang diemban adalah bentuk apresiasi atas prestasi, dedikasi serta loyalitas yang telah ditunjukkan selama ini. Sekaligus amanah dan kepercayaan untuk dijawab dengan kinerja maupun prestasi yang lebih tinggi.

Sebelumnya lima Pati TNI AL tersebut telah melaksanakan pelaporan kenaikan pangkat kepada Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, bersama-sama dengan enam Pati TNI AD dan satu Pati TNI AU. Kenaikan pangkat ini berdasarkan Surat Perintah Panglima TNI Nomor Sprin/591/IV/2023 tanggal 5 April 2023.

Rotasi Jabatan Strategis

Sebelumnya Kasal juga melakukan rotasi jabatan strategis dalam tubuh TNI AL guna mencermati dinamika perkembangan lingkungan global yang semakin kompleks dan tidak menentu.

“Itu menuntut TNI AL untuk selalu siap dalam mengantisipasi serta merespons segala tantangan tersebut dengan baik. Salah satu bentuk upaya yang dilakukan adalah dengan melaksanakan penyegaran organisasi melalui rotasi jabatan strategis seperti yang kita laksanakan hari ini,” kata Kasal.

Enam jabatan tersebut yaitu jabatan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) diserahterimakan dari Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono kepada Kolonel Laut (P) I Made Wira Hady Arsanta Wardhana. Kemudian jabatan Kepala Dinas Perawatan Personel Angkatan Laut (Kadiswatpersal) diserahterimakan dari Brigjen TNI Marinir Herry Djuhaeri kepada Brigjen TNI Marinir Feryanto Pardamean.

Selain itu, jabatan Kepala Dinas Informasi dan Pengolahan Data Angkatan Laut (Kadisinfolahtal) yang sebelumnya dijabat oleh Laksma TNI Eko Wing Wahjudi diserahterimakan kepada Laksma TNI Teguh Prasetyo. Jabatan Kepala Dinas Senjata dan Elektronika Angkatan Laut (Kadissenlekal) yang dijabat oleh Laksma TNI Teguh Prasetyo diserahterimakan kepada Kolonel Laut (E) Dwi Cahyo Kuncoro.

Selanjutnya, jabatan Kepala Dinas Kelaikan Materiel Angkatan Laut (Kadislaikmatal) yang dijabat oleh Laksma TNI I Wayan Maradana diserahterimakan kepada Kolonel Laut (T) Kris Wibowo, serta jabatan Kepala Dinas Perbekalan Angkatan Laut (Kadisbekal) diserahterimakan dari Laksma TNI Hana Rochijadi kepada Laksma TNI Hardiko.

Dalam kesempatan itu, Laksamana TNI Muhammad Ali di hadapan para pejabat yang melaksanakan sertijab, menyampaikan harapannya akan muncul berbagai langkah inovatif dan strategis yang mampu membawa kemajuan serta peningkatan kinerja organisasi yang dipimpinnya.

“Dengan bekal pengalaman yang dimiliki, saya berkeyakinan para perwira dapat mengemban amanah serta menunjukkan potensi untuk melahirkan gagasan dan ide-ide cemerlang sesuai dengan tuntutan tugas yang semakin kompleks,” pungkas Kasal. (*)

 

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com