Published On: Tue, Jul 25th, 2023

Prabowo, Generasi Z dan Masa Depan

 

 

Prabowo Subianto. Dok Foto Istimewa.

Oleh: Chaerudin Affan, S.E, M.Kesos*

Kata sandi Daddy Prabowo saat di Kostrad adalah Pandu. Pandu dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI) adalah penunjuk jalan. Tugas dari seorang pandu adalah mendidik anggotanya untuk menjadi orang yang berjiwa besar, berjiwa kesatria, berani, dan suka menolong.

Dalam kehidupan bermasyarakat, kata ‘pandu’ diartikan sebagai pemimpin yang mengarahkan sekaligus membawa masyarakat ke dalam kebaikan, seperti kesejahteraan, kedewasaan, kearifan, kehormatan, dan value lainnya. Penyematan nama sandi kepada Daddy Prabowo seperti karakter yang melekat dan tercermin dalam tindak tanduknya hingga sekarang. Tidak heran apabila Generasi Z dan Milenial menjadikan Daddy Prabowo sebagai sosok panutan, sosok yang dapat mengarahkan dan membimbing mereka.

Pada dasarnya, Generasi Z dan Milenial di Indonesia hari ini bukanlah generasi loser. Mereka adalah generasi yang hidup di tengah kemajuan teknologi informasi yang membawa tsunami pengetahuan. Namun seperti halnya tsunami di laut, ia bisa membawa berbagai kekayaan laut yang kerap banyak manfaatnya namun selalu menjadi misteri karena belum pernah dilihatnya.

Jadi mereka adalah penerus bangsa yang senyatanya penuh inovasi teknologi penuh semangat, penuh pengetahuan, namun selalu menjadi misteri tentang sejauh mana kebermanfaatannya untuk Bangsa dan Negara. Mereka adalah tulang punggung bangsa di masa Indonesia Emas Tahun 2045 mendatang.

Daddy hari ini dipandang oleh Generasi Z dan Milenial hadir sebagai sosok “Pandu” yang dapat mengintegrasikan dan mengarahkan segala keberlimpahan inovasi, semangat, pengetahuan yang dimiliki mereka untuk sebar-besarnya kemajuan Bangsa Indonesa. Tidak heran dalam beberapa survei menunjukan tingkat keterpilihan Daddy Prabowo dikalangan Generasi Z dan Milenial tinggi, diatas kandidat lainnya.

Pandangan mereka terhadap Daddy juga dapat diterjemahkan sebagai harapan masa depan, dan harapan tersebut merupakan tanggung jawab sebagai seorang Pandu. Namun hasil beberapa lembaga survei terkait tingginya keterpilihannya Daddy Prabowo dapat menunjukan keyakinan Generasi Z dan Milenial kepada Prabowo sebagai Pandu yang akan mewujudkan harapan dan cita-cita mereka.

Diperkirakan terdapat sekitar 113 juta suara pemilih generasi milenial dan generasi Z dengan persentase sebanyak 56,45% dari total pemilih pada pemilu 2024. Cita-cita serta harapan Generasi Z dan Milenial bukan hanya bicara soal masa depan mereka, tapi juga hapan masa depan orang tua mereka.

Oleh karena itu, sudah menjadi konsekuensi logis dari sebuah perkembangan peradaban dunia, bahwa generasi muda adalah penerus dan harapan masa depan dari sebuah peradaban. Oleh karena itu generasi muda hari ini memiliki otoritas untuk memilih seorang Pandu, agar tercipta masa depan yang di cita -citakan bersama.

Sebutan Daddy untuk Prabowo muncul dari Generasi Z mencerminkan karakter seorang Bapak yg mau mengarahkan, mau membimbing, mau mengayomi dan rela berkorban untuk masa depan anaknya.

 

*Penulis adalah Eks Direktur Eksekutif Pusat Kajian Kepemudaan Fisip UI

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com