Published On: Sun, Jul 24th, 2016

Tumbuhkan Jiwa Bahari, Kolinlamil Gelar Pemilihan Putera-Puteri Remaja Bahari

Peraturan Baris-berbaris Kolinlamil

Salah satu tim peserta lomba PBB Kreasi sedang menunjukan penampilannya di lapangan apel dermaga Kolinlamil.

MNOL – Jakarta, Tidak seperti biasanya, Kolinlamil yang selalu hiruk pikuk dengan kegiatan embarkasi dan debarkasi personel maupun material Namun Kamis (21/7) dermaga Kolinlamil diramaikan dengan lenggak lenggok gaya para remaja yang mengikuti lomba pemilihan putera–puteri remaja bahari dalam rangka meriahkan HUT ke 55 Kolinlamil.

Acara pemilihan putera–puteri remaja bahari ini diikuti para remaja yang berasal dari 8 sekolah menengah atas di wilayah DKI Jakarta, seperti SMA 46, SMA 15, SMA 73, SMA 12, SMA 71, SMA 21, SMK 7, SMK 1 Hang Tuah dan SMK 2 Priok.

“Sebanyak 30 siswa-siswi terpasangkan dan lima belas pasangan dari 8 sekolah menengah di Jakarta ini akan dipilih menjadi remaja bahari dalam rangka HUT ke 55 Kolinlamil. Mereka akan menjadi perwakilan generasi muda yang mengajak para remaja untuk mencintai laut, mengelola laut, dan mengelola potensi laut untuk bangsa kita ini,” kata Ketua Panitia HUT ke 55 Kolinlamil Kolonel Laut (E) Yasa Nuryasa di Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Dalam lomba yang mengundang perhatian para prajurit dan warga sekitar Markas Komando Lintas Laut Militer datang berbondong-bondong menyaksikan penampilan para remaja terutama remaja putera dan puteri ini yang mengenakan kostum bermacam-macam, mulai kostum nelayan, kostum abang none Jakarta, kostum casual pantai dan sebagainya.

Sedangkan kriteria penilaian dalam lomba pemilihan remaja bahari ini diantaranya performance kostum, keserasian dengan pasangan peserta, kemampuan menjawab pertanyaan dan wawasan pengetahuan.

Pada kesempatan yang sama, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Aan Kurnia, S.Sos. mengatakan laut bisa memberikan banyak manfaat bagi Indonesia, namun sayangnya ketertarikan dan perhatian generasi muda terhadap laut masih minim.

“Kami ingin sekali generasi muda dari awal mencintai laut. Laut sangat menjanjikan. Laut bisa memberi potensi baik sekali bagi negara kita,” tuturnya.

Kegiatan ini juga dilakukan agar para peserta bisa menjadi agen perubahan untuk para remaja setingkat sekolah menengah atas agar mau mencintai laut dan bahari Indonesia.

Selain pemilihan remaja bahari, saat yang sama dilaksanakan pula lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB) kreasi antar SMA se-Jakarta. Lomba ini diadakan juga untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme para remaja khususnya para pelajar SLTA, disamping untuk menumbuhkan ketertarikan dan peminatan terhadap dunia militer khususnya TNI Angkatan Laut.

Lomba PBB kreasi diikuti 7 SMA sewilayah DKI Jakarta seperti SMA 46, SMA 78, SMA 16, SMA 21, SMA 73, SMA 1 Hang Tuah dan SMKN 16.

Lomba baris-berbaris kreatif ini terlihat sangat atraktif, terlebih para peserta memakai kostum sebagai pendukung penampilannya dengan aneka kostum yang bervariasi, sehingga sangat menarik bagi yang menyaksikannya.

Acara Grand Final lomba remaja bahari dan PBB kreatif akan berlangsung Minggu (24/7) besok pada puncak acara Kolinlamil Open Day yang merupakan ajang besar Kolinlamil dalam mengenalkan dirinya kepada masyarakat luas.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google