Published On: Fri, Jan 13th, 2017

Transaksi Petikemas Lebih Mudah Dengan Fastpay

Sosialisasi fastpay Terminal Petikemas Surabaya (TPS), tampak dari kiri ke kanan Nur Syamsiah (Direktur Keuangan TPS), Seno Budiarto (Manager Keuangan TPS), Noor Budiwan (Manager Business Development).

Sosialisasi fastpay Terminal Petikemas Surabaya (TPS), tampak dari kiri ke kanan Nur Syamsiah (Direktur Keuangan TPS), Seno Budiarto (Manager Keuangan TPS), Noor Budiwan (Manager Business Development).

MNOL, Surabaya – Guna memberikan kemudahan bagi pengguna jasa kepelabuhanan dalam melakukan pembayaran, PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) dengan beberapa bank yang telah bermitra diantaranya Bank BNI, Mandiri, BRI, Bank Jatim dan CIMB Niaga  bekerjasama meluncurkan sistem pembayaran e-payment yang disebut Fastpay (Fast, Accurate, Secure and Traceable Payment System).

Sistem pembayaran e-payment bersifat real time dan bersifat host-to-host. FASTPAY adalah produk bersama TPS dan Bank Mitra TPS yang merupakan sistem pembayaran baru di TPS sebagai pengganti Warkat Dana (WD), Running Deposit (RD) dan Estimasi Perhitungan Biaya (EPB) yang sebelumnya harus mengurus langsung di kantor PT TPS dengan mengisi berbagai macam dokumen fisik.

“Kini, kami hadir dengan paperless, pelayanan 24/7, dan pelayanan lebih cepat dan tepat untuk Anda,” jelasNur Syamsiah Finance Director PT TPS dalam sambutannya saat membuka acara sosialisasi e-payment. “Sosialisasi yang kesekian kalinya ini merupakan kesempatan yang baik sebagai ajang komunikasi dengan para pengguna jasa mengenai pelayanan yang akan diberikan dan semoga pada saat system pembayaran yang sudah online nanti, dapat berjalan dengan lancar.” Tambahnya.

Dengan dijalankannya system pembayaran secara online tersebut, pengguna jasa tinggal klik saja komputer di kantornya masing-masing untuk melakukan pencetakan invoice tidak perlu lagi menunggu kiriman dari TPS. Acara tersebut diadakan di Java Room Lt.2 Gedung Administrasi PT TPS dan dihadiri oleh segenap asosiasi dan pengguna jasa yang terlibat langsung dengan TPS.

“Sebenarnya ini bukan hal yang baru, sejak 2016 kami sudah sosialisasikan hal ini kepada para pengguna jasa, namun karena yang sadar teknologi masih dibawah ekspektasi kami, maka kami kembali mengingatkan untuk segera membiasakan diri menggunakan system yang baru karena pada februari 2017 nanti kami sudah tidak mencetak invoice dan mengirimkan secara manual, namun dapat diunduh di TPS webaccess melalui account masing-masing pengguna jasa yang sudah memiliki nomor master.” Jelas Seno Budiharto, Manager Keuangan TPS.

Melalui Fastpay, nantinya pengguna jasa semakin mudah dalam membayar jasa kegiatan lapangan untuk forwarder dan kegiatan dermaga untuk shipping agent. Banyak manfaat yang bisa diperoleh oleh pengguna jasa antara lain pembayaran akan menjadi lebih praktis, lebih mudah, dan juga lebih cepat dan tepat.

Tidak diperlukan lagi berkas-berkas fisik yang harus diisi secara manual, tidak perlu lagi mengirim petugasnya ke kantor TPS untuk mengurus pembayaran, Pengembalian dana ke rekening FASTPAY secara instan dan otomatis saat TPS menerbitkan invoice (WD) dan dapat langsung digunakan oleh Customer, tidak membutuhkan deposit yang dikunci di bank serta yang tak kalah penting tidak tergantung dengan jam kerja bank.

Untuk dapat menikmati fasilitas fastpay tersebut, pengguna jasa tinggal daftar ulang secara online di TPS webacces / terdaftar sebagai customer  (forwarder) TPS. Pengguna jasa juga mendaftarkan diri pada salah satu bank yang bekerjasama dengan TPS untuk penggunaan fastpay.

Pengguna jasa menyerahkan data pelengkap kepada TPS untuk mendapatkan login TPS webaccess guna dapat mencetak invoice secara mandiri, dan setiap pengguna jasa hanya diperbolehkan memiliki satu rekening untuk transaksi fastpay.

Sistem fastpay akan diberlakukan secara menyeluruh pada bulan  April 2017. Diharapkan ke depannya sistem pembayaran online terus ditingkatkan sehingga menambah kenyamanan bertransaksi bagi pengguna jasa kepelabuhanan. Dengan adanya fastpay dapat mempercepat proses penerbitan nota dan mengurangi penggunaan kertas dalam proses pembuatan nota jasa kepelabuhanan.

Dengan fasilitas fastpay sebagai salah satu system pembayaran online, maka pengguna jasa TPS semakin dimanjakan dalam bertransaksi pembayaran jasa kepelabuhanan di mana pun dan kapan pun tanpa terkendala oleh waktu kare pelayanan operasional dan dokumen di TPS sudah 24 jam selama 7 hari penuh.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com