Published On: Sel, Jul 25th, 2017

Lelang Kapal Vietnam Dibatalkan, Susi Tegaskan Jangan Rusak Kedaulatan Kita

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti

MN, Jakarta – Lelang tiga unit kapal ikan asing pencuri ikan asal Vietnam yang berhasil ditangkap akhirnya dibatalkan sesuai dengan arahan Jaksa Agung.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menberikan penjelasan bahwa presiden Joko Widodo tidak pernah memberikan arahan untuk melelang kapal-kapal tersebut.

“Sampai dengan hari ini tidak ada satupun arahan Presiden untuk melakukan lelang kapal asing yang melakukan IUU Fishing. Tidak ada Rencana Kerja dan Syarat Lelang (RKS) atau apapun penindakannya selain penenggelaman”, jelas Susi.

Susi berpendapat bahwa putusan dirampas oleh negara adalah sebuah opsi, tapi bukan untuk dilakukan lelang. Apabila ada yang mengusulkan peruntukannya digunakan untuk kapal riset atau lainnya non tangkap ikan, maka perlu pengkajian lebih lanjut terkait hal ini.

Lebih lanjut, wanita yang dikenal memiliki usaha di bidang penerbangan ini juga menegaskan perlunya menelaah lebih jauh tujuan keberadaan kapal asing itu di Indonesia selain sekedar pencurian ikan. Karena setiap kapal punya kedaulatan dan merepresentasikan bendera kapal masing-masing, dan di lain sisi ada moral hazard di dalamnya. Yang tidak kami kompromikan adalah kejahatan ekonomi SDA yg sudah laten terjadi sejak lama.

“Dalam pengumuman untuk calon peserta lelang ada batasan sebesar Rp. 186 juta. Harga satu unit kapal dengan ukuran minimal 100 GT tanpa freezer setidaknya Rp. 1 Miliar. Ikan yang dicuri juga harganya lebih tinggi nilainya dari harga lelang. Ini modus lama, mereka nanti balik lagi. Jangan biarkan kapal-kapal asing itu merusak kedaulatan kita”, tegas Susi.

Anugrah/MN

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google