Published On: Tue, Aug 15th, 2017

Sosialisasi Keselamatan Pelayaran menuju Pelayanan Prima Digelar Kesyahbandaran Tanjung Priok

Sosialisasi Keselamatan Pelayaran Kantor Kesyahbandaran Utama dihadiri pengguna jasa di Pelabuhan Tanjung Priok

MN, Jakarta – Pengawasan keselamatan pelayaran menjadi prioritas utama bagi jajaran Kesyahbandaran pelabuhan Tanjung Priok, maka baru-baru ini diselenggarakan acara sosialisasi keselamatan pelayaran menuju pelayanan prima yang dibuka oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok, Capt Sudiono di Bogor.

Menurut Sudiono, guna menegakkan aturan maka nakhoda dan pemilik kapal tidak boleh mengabaikan ketentuan yang berlaku hanya untuk keuntungan semata. Oleh sebab itu, perlu peningkatan, pemahaman dan penyelarasan kinerja antar Syahbandar dan pengguna jasa bidang pelayaran mutlak harus dilakukan.

“Tugas Syahbandar dalam pengawasan dan penegakan ketentuan keselamatan kapal, pada umumnya tidaklah semakin ringan. Kapal yang berlayar diwajibkan pula memenuhi persyaratan kelaiklautan kapal (sea worthiness),” jelas Sudiono kepada Maritimnews di Jakarta, Senin (14/8).

Pentingnya persamaan pemahaman dalam mencapai keselamatan pelayaran dengan tujuan zero accident, terhadap seluruh kapal-kapal yang berlayar dari/menuju Pelabuhan Tanjung Priok, mampu meningkatkan pelayanan kepada seluruh pengguna jasa.

“Dengan begitu, tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Kesyahbadaran Utama Tanjung Priok dapat dilaksanakan dengan baik dan maksimal,” pungkasnya.

Adapun sosialisasi Keselamatan Pelayaran diikuti 140 aparat dan menghadirkan berbagai narasumber diantaranya dari Direktorat Perkapalan dan Kepelautan Capt Renaldo Sjukri dengan materi Manajemen Keselamatan Kapal (ISM Code) dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat Eko Prasetyo dengan materi Perencanaan Pelayaran yang aman menggunakan informasi cuaca

Sedangkan narasumber dari perbankan dengan materi tata cara pembayaran pendapatan negara bukan pajak (PNBP) perkapalan dengan basis online (Symphoni). Narasumber dari Bidang Keselamatan Berlayar Kantor Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Priok dengan materi Kepelautan, Tertib Berlayar dan Tertib Bandar.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com