Published On: Wed, Nov 8th, 2017

Tugas Rampung, Satgas Ekspedisi NKRI Koridor Papua Selatan Siap Kembali

Proses embarkasi Satgas Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan tahun 2017 ke KRI Surabaya 591 di dermaga umum pelabuhan Marauke.

Proses embarkasi Satgas Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan tahun 2017 ke KRI Surabaya 591 di dermaga umum pelabuhan Marauke.

MN, Jakarta – Ratusan personel dan material satuan tugas (Satgas) Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017 yang telah selesai melaksanakan tugas di wilayah Papua, kembali ke Jakarta dengan menggunakan KRI Surabaya-591. Proses embarkasi Satgas Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan tahun 2017 ini ke KRI Surabaya 591 dilakukan malam hari di dermaga umum pelabuhan Marauke.

Sebelumnya, satgas ini diangkut ke Papua dengan menggunakan KRI Banjarmasin 592 beberapa minggu yang lalu di mana KRI Banjarmasin-592 tersebut tidak dapat menunggu satgas hingga selesai melaksanakan misinya, karena KRI Banjarmasin-592 harus melanjutkan tugas operasi lainnya sesuai perintah dari pimpinan komando atas.

Satgas Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan ini melibatkan setidaknya 1197 orang peserta yang berasal dari pusat maupun daerah dan terdiri dari berbagai elemen bangsa yaitu dari TNI, Polri, para ahli (Peneliti), mahasiswa (Akademisi), Pemerintah Daerah, dan Masyarakat.

Selama berada di daerah, satgas ekpedisi NKRI ini melaksanakan berbagai kegiatan yang besifat kemanusiaan, kepedulian terhadap masyarakat, dan upaya pelestarian alam di wilayah Papua Bagian Selatan yang merupakan upaya dalam membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia di wilayah Indonesia bagian Timur.

Yang menjadi visi mereka adalah memantapkan seluruh potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia, mendorong kesejahteraan sosial, menumbuhkan semangat rasa cinta tanah air serta meningkatkan pertanahan dan keamanan nasional,” urainya.

Sementara itu misi dari satgas ini adalah memetakan dan memantapkan sumber daya alam dan sumber daya manusia, kehutanan, flora dan fauna, ekologi, sosial budaya, membuka daerah terisolir, mendorong peningkatan kesejahteraan sosial, serta mendorong tetap terciptanya pertahanan dan keamanan wilayah.

Komandan KRI Surabaya 591 Letkol Laut (P) Heru Syamsul Hidayat mengatakan bahwa personel dan material satuan tugas melaksanakan embarkasi dari beberapa dermaga pelabuhan umum Marauke.

“Apabila telah selesai embarkasi personel dan material akan dilakukan pengecekan kembali dan selanjutkan akan bertolak menuju Jakarta. Diperkirakan waktu tempuh dari Pelabuhan Merauke menuju Jakarta akan memakan waktu selama sebelas hari. KRI juga akan singgah di Makassar untuk melaksnakan kegiatan bekal ulang,” jelas Letkol Heru.

KRI Surabaya-591 merupakan kapal berjenis Landing Platform Dock (LPD) yang pada keseharian operasionalnya berada di bawah kendali Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim).

Namun dalam misi penjemputan Satgas Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan tahun 2017, kapal angkut personel dan material ini diperbantukan ke Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil).

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com