Published On: Mon, Jan 15th, 2018

Bersama KASAL, Alumni AAL Angkatan 28 Gelar Silahturahmi dan Luncurkan Buku Moro Katdga

Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi bersama para Alumni AAL Angkatan 28 melakukan tour faciliyty di Kampus AAL Bumimoro Surabaya.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi bersama para Alumni AAL Angkatan 28 melakukan tour faciliyty di Kampus AAL Bumimoro Surabaya.

MN, Surabaya – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi menghadiri silaturahmi lulusan Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) Bagian Laut atau AAL Angkatan XXVIII atau biasa disebut Moro Katdga ’83 di Akademi Angkatan Laut, Bumimoro, Surabaya, Minggu (14/1).

Kasal Laksamana TNI Ade Supandi yang juga merupakan keluarga besar Moro Katdga ’83 hadir beserta Ny. Endah Ade Supandi bersama-sama dengan para Alumni AAL ’83 beserta keluarga berangkat dari Mess Wijaya Kusuma menuju ke kampus Akademi Angkatan Laut dengan menggunakan tiga bus sesuai dengan batalyon semasa Taruna/Kadet kala itu, yaitu batalyon 1, 2, dan 3.

Begitu tiba di gedung Mandala yang menjadi jujugan nostalgia pertama, para Alumni AAL ’83 disambut penampilan Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL kemudian diterima oleh Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Wuspo Lukito beserta Ny. Chici Wuspo Lukito dan pejabat utama AAL. Di sini para alumni disuguhi jajanan khas kantin Pak Muni untuk mengingatkan kembali kantin terkenal waktu itu.

Di gedung Mandala ini para Alumni AAL ’83 mengenangnya sebagai komplek Macan Tutul yang meliputi Gedung Mandala sebagai ruang makan Taruna/Kadet, Mess Wiratno, Memed, dan Ciptadi sebagai messing para Taruna/Kadet AAL 1983.

Usai dari komplek Macan Tutul, para Alumni AAL ’83 melanjutkan tour facility ke gedung Mako AAL saat ini yaitu Gedung R. Soebijakto, kemudian ke gedung Rinjani yaitu Mako AAL masa itu yang sekarang dijadikan museum. Tak ketinggalan mereka mengunjungi komplek Ki Hajar Dewantara yang terdiri dari gedung Mandalika, Nusa Penida, dan Rakata sebagai kelas tempat belajar kala itu.

Acara tour facility berakhir di lapangan Arafuru, di sini para Alumni AAL ’83 menyaksikan berbagai formasi penampilan Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL, kemudian para alumni berkenan mecoba memainkan alat musik GS yang dulu pernah dimainkannya. Hal itu tentu saja memberi kenangan tersendiri, membawa ingatan ke masa lampau, ke masa yang penuh dengan tempaan kawah Candradimuka Akademi Angkatan Laut.

Usai tour facility, acara dilanjutkan dengan acara peluncuran buku “Moro Katdga ‘83” di gedung Maspardi untuk mengenang masa pengabdian selama 34 tahun Alumni AAL ’83. Prosesi peluncuran buku ditandai dengan tiupan khas peluit pelaut dan alunan terompet yang dibawakan oleh Laksda TNI (Purn) Agus Purwoto dan Mayjen TNI (Mar/Purn) Sturman Panjaitan. Dalam acara ini juga dilaksanakan pemberian tali asih kepada PNS Darmaji yaitu tukang cukur dan PNS Muji yaitu petugas perpustakaan yang setia melayani keperluan para kadet masa itu.

Acara silaturahmi dan peluncuran buku ini sebagai refleksi untuk mengingatkan kembali masa-masa indah pengabdian dan kebersamaan keluarga besar Moro Katdga ’83. Selain itu, acara ini juga  untuk mempererat persaudaraan serta menunjukkan kepedulian dan keteladanan kepada Taruna dan Taruni AAL.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google