Published On: Sat, Jan 20th, 2018

Sarana Peningkatan Kesiapsiagaan, Satlinlamil Surabaya Latihan Simulasi Penanganan Kebakaran Kapal

Prajurit unsur-unsur KRI yang dibawah Komando Satlinlamil Surabaya sedang berlatih penanggulangan bahaya kebakaran di KRI.

Prajurit unsur-unsur KRI yang dibawah Komando Satlinlamil Surabaya sedang berlatih penanggulangan bahaya kebakaran di KRI.

MN, Surabaya – Beberapa unsur KRI yang berada di Satuan Lintas laut Militer (Satlinlamil) Surabaya mengadakan latihan penanggulangan kebakaran di Mako Satlinlamil Surabaya, Kamis (18/1).

Unsur-unsur yang terlibat dalam latihan tersebut, KRI Teluk Parigi-539, KRI Banjarmasin-592, KRI Teluk Bintuni-520, KRI Teluk Ratai-509 dan KRI Teluk Bone-511.

Latihan ini dipimpin Perwira Staf operasi (Pasops) Satinlamil Surabaya Mayor Laut (P) Hadi Subandi, M.Tr (Han) sebagai instruktur dengan dibantu para Kepala Departemen Operasi (Kadepops) dan Kepala Departemen Mesin (Kadepsin) unsur-unsur KRI.

Dalam latihan terpadu ini, diperagakan simulasi terjadinya kebakaran salah satu KRI yang sedang sandar di mana kebakaran tersebut disebabkan oleh hubungan aliran listrik arus pendek dan minyak yang mengakibatkan kebakaran yang selanjutnya skenario tersebut kemudian divisualisasikan dalam bentuk peran kebakaran. Selain itu, juga diperankan tim kesehatan Balai Pengobatan Satlinlamil Surabaya yang melakukan evakuasi korban dari terjadinya kebakaran.

Komandan Satlinlamil Surabaya Kolonel Laut (P) Bambang Trijanto mengatakan latihan ini membutuhkan sinergi dan kerja sama tim yang diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme dan kesiapsiagaan prajurit Satlinlamil Surabaya khususnya unsur-unsur KRI dalam menangani bahaya kebakaran.

Selain itu, dalam pelaksanaanya pelaku peran kebakaran dituntut untuk memberikan kemampuan terbaik dalam memadamkan api dengan kesigapan dan kecepatan tindak. Sehingga diperlukan pengambilan keputusan yang tepat, kecepatan evakuasi personel dan material serta kesigapan pelaku.

“Hal ini akan menjadi tolok ukur dalam pelaksanaan latihan ini dengan tetap mengedepankan faktor keamanan dan keselamatan personel dan material,” tegas Dansatlinlamil.

Kegiatan latihan yang  melibatkan sekitar 50 personel unsur KRI di jajaran  serta tim kesehatan dari Balai Pengobatan Satlinlamil Surabaya.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com