Published On: Fri, Jan 12th, 2018

Tahun 2018, TNI AL Tanda tangani Kontrak dengan Mitra Senilai Rp 813 M

Kasal Laksamana TNI Ade Supandi

MN, Jakarta – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P.memimpin jalannya Penandatanganan Kontrak Kolektif Barang dan Jasa TA 2018 oleh TNI AL yang dilaksanakan di Auditorium Yos Sudarso, Denma Mabesal, Cilangkap Jakarta Timur, Jumat,(12/1/2018).

Kegiatan ini diselenggarakan ketiga kalinya oleh TNI Angkatan Laut guna menindaklanjuti instruksi dari Presiden dalam rangka percepatan pertumbuhan ekonomi dan percepatan pelaksanaan anggaran pada tahun anggaran 2018. Sehingga dengan ditandatanganinya kontrak pada awal tahun ini maka pelaksanaan program dan kegiatan di lingkungan TNI Angkatan Laut dapat segera dimuiai serta terkontrol.

Penandatanganan kontrak secara kolektif antara para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker TNI Angkatan Laut dengan para mitra penyedia barang dan jasa ini terdiri dari 173 kontrak dengan total nilai Rp 813 milyar.

Kendati nilai tersebut turun disbanding tahun-tahun sebelumnya, namun tidak mengurangi upaya TNI AL dalam menjalankan tugasnya untuk mengamankan wilayah perairan nasional.

“Ini kita lakukan sesuai dengan amanat Perpres No.54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa,” ujar Kasal.

Penandatanganan dilaksanakan secara serempak oleh satker-satker/kotama-kotama TNI AL yang bertempat di Auditorium Denma Mabesal Cilangkap, diantaranya Pushidrosal, Seskoal, Disbekal, Disfaslanal, Dismatal, Diskesal, Dissenlekal,Diskomlekal, Dispenal, Dislaikmatal dan Kormar.

Seteiah penandatanganan pada kesempatan tersebut Kasal didampangi Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal),Laksamana Madya TNI A. Taufiq R. serta para Pejabat Utama Mabesal, melaksanakan Video Conference dengan Kotama TNI AL, antara lain terdiri dari Koarmabar, Koarmatim, Lantamal I, II dan XIII.

Dengan dimulainya peIaksanaan kegiatan secara dini, maka secara otomatis akan mempercepat daya serap anggaran TNI Angkatan Laut dan dapat menghindari terjadinya kegiatan Iintas Iahun.

“Diharapkan acara ini dapat berlangsung secara konsisten pada masa mendatang. Sehingga memberikan kontribusi nyata bagi perbaikan ekonomi di Indonesia secara umum dan bagi kekuatan dan kemampuan TNI Angkatan Laut pada khususnya,” ungkap Ade.

Pada kegiatan tersebut, lulusan AAL tahun 1983 ini juga mengulas sedikit soal perencanaan alutsista dan penambahan satker seperti yang sudah lama dicanangkan. Penambahan Satker itu terkait dengan pembangunan 3 Armada di wilayah NKRI.

Penandatanganan ini disaksikan pula Ketua LKPP (Lembaga Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah) Agus Prabowo. Yang menarik dalam penandatanganan ini ialah adanya ketentuan untuk para mitra kerja menggunakan pakaian daerahnya masing-masing sebagai cerminanan budaya Nusantara yang Ber-Bhineka Tunggal Ika.

 

(Adit/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com