Published On: Fri, Mar 23rd, 2018

Pemantapan Latopsratmin 2018, Kolimlamil Gelar Tactical Team Trainer

Peserta latihan operasi pendaratan administrasi (latopsratmin) sedang melaksanakan Tactical Team Trainer (TFG).

Peserta latihan operasi pendaratan administrasi (latopsratmin) sedang melaksanakan Tactical Team Trainer (TFG).

MN, Surabaya – Untuk mempertajam Latihan Operasi Pendaratan Administrasi (Latopsratmin) 2018, Kolinlamil melaksanakan Tactical Team Trainer  di Ruang Action Speed Tactical Trainer, Gedung Pulau Sumatera,  Puslatkekdalsen, Kodiklatal, Surabaya, Rabu (21/3).

Latihan simulasi taktik ini, dipimpin langsung oleh Komandan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Surabaya Kolonel Laut (P) Sigit Santoso.

Menurutnya, latihan ini bertujuan menyelaraskan Latopsratmin dengan simulasi Tactical Floor Game (TFG)  yang telah dilaksanakan sebelumnya pada Selasa(20/3), dengan sistem simulasi operasi angkatan laut di Puslatlekdalsen Kodiklatal.

Setelah melaksanakan Tactical Floor Game dan Tactical Team Trainer, pada Kamis (22/3) seluruh unsur yang terlibat dalam latihan kali ini melaksanakan manuvra lapangan menuju daerah latihan Tanjung Jangkar, Banongan, Situbondo.

Unsur – unsur yang terlibat dalam manuvra lapangan latopratmin 2018 tersebut antara lain KRI Teluk Hading 538, KRI Teluk Lampung 540, KRI Teluk Bintuni 520, KRI Teluk Parigi 539, dan KRI Banda Aceh 593 yang merupakan unsur yang berasal dari Kolinlamil. Ditambah dengan KRI Keris 624, KRI Singa 651, KRI Hasan Basri 382, dan KRI Pandrong 801 yang seluruhnya berasal dari Koarmatim.

Sesuai dengan skenario latihan, unsur-unsur KRI Kolinlamil akan mendaratkan pasukan marinir Satuan Tugas Darat (Satgasrat) dari Pasmar 1 Surabaya beserta material tempurnya.

Pendaratan pasukan marinir akan dilaksanakan KRI Teluk Hading 538, KRI Teluk Parigi 539, KRI Teluk Lampung 540, dan KRI Teluk Bintuni 520 yang masing-masing membawa  satu peleton pasukan. Khusus untuk KRI Teluk Parigi 539, selain mendaratkan pasukan, juga akan mengangkut dua unit kendaraan tempur BMP dengan 8 orang pengawak, sedangkan KRI Banda Aceh 593 sebagai kapal markas dengan 29 personel Komando Tugas Pendaratan Gabungan (Kogasratgab).

Dalam Tactical Team Trainer ini, simulasi dimulai dari embarkasi personel, radio cek, hingga keluar pelabuhan (leaving harbour) masing – masing unsur secara berurutan. Dilanjutkan dengan simulasi peran melewati medan ranjau, manuver taktis, peran heli, sailing pass, latihan formasi, gunnex, flashex, aarofek, manuver taktis tanpa gerakan, NSIC, dan OOWEX.

Setelah seluruh unsur tiba di daerah tunggu, latihan dilanjutkan dengan latihan proses penyekatan, peran heli, peran docking, lego dalam formasi, peran sekoci, beaching, peran buka rampa, debarkasi dan embarkasi pasukan, serta ranpur, dan dilanjut kembali ke pangkalan surabaya.

Usai simulasi T3, seluruh peserta melakukan latihan embarkasi pasukan dan kendaraan tempur di dermaga Ende, Ujung, Surabaya.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com