Published On: Tue, Oct 30th, 2018

Seskoal Gelar Upacara Sumpah Pemuda yang ke 90

Danseskoal Laksamana Muda TNI Amarullah Octavian saat menjadi Inspektur Upacara di Upacara Peringatan Sumpah Pemuda Seskoal.

Danseskoal Laksamana Muda TNI Amarullah Octavian saat menjadi Inspektur Upacara di Upacara Peringatan Sumpah Pemuda Seskoal.

MN, Jakarta – Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) melaksanakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-90 di Lapangan Laut Jawa Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Senin (29/10).

Upacara yang diikuti oleh seluruh prajurit dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Seskoal tersebut, mengambil tema “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”, dengan inspektur upacara KOmandan Seskoal Laksamana Muda TNI Sc. D.E.S.D. dan Komandan upacara Letkol Laut (P) Niko Oktoria, S.Tr. Hanla.

Tema Peringatan Sumpah Pemuda tahun ini, berpijak atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, kewirausahaan, kepeloporan, serta kebangsaan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Membacakan amanat tertulis Menteri Pemuda dan Olah Raga RI, Imam Nahrawi Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc. D.E.S.D.,mengatakan bahwa dengan perkembangan teknologi informasi yang makin pesat, pemuda Indonesia saat ini harus dapat melakukan penyaringan dengan ilmu pengetahuan dan kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara.

Dapat memilah-milah mana yang baik dan mana yang buruk serta harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

Jadilah Pemuda yang maju dengan  berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing. “Wahai Pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkan ide-ide, tekad dan cita-cita, pengorbananmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia”, ujar orang nomor satu di Kemenpora RI.

Upacara dilaksanakan dengan rangkaian penaikan bendera, mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila, pembacaan teks pembukaan UUD 1945, pembacaan teks keputusan kongres Pemuda Indonesia tahun 1928, amanat, dan doa.

Seusai pelaksanaan upacara peringatan hari sumpah pemuda, Komandan Seskoal berkesempatan memberikan semangat untuk seluruh anggota Seskoal dengan menyampaikan beberapa hal, diantaranya :

  • tingkatkan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan;
  • gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar;
  • jangan mudah terprovokasi;
  • stop segala bentuk perdebatan yang mengarah pada perpecahan bangsa.

Sebagai Pemuda, sudah saatnya kita melangkah ke tujuan lain yang lebih besar, yaitu mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan tidak melupakan jasa para pemuda, pendiri bangsa, dan para pahlawan pendahulu kita.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com