Published On: Fri, Nov 2nd, 2018

Hadir di Sri Lanka, Danseskoal Berikan Paparan Blue Economy

Danseskoal saat memberikan papara pada konferensi internasional di Sri Lanka.

Danseskoal saat memberikan papara pada konferensi internasional di Sri Lanka.

MN, Colombo – Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI DR. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D. menghadiri Konferensi Maritim Internasional beberapa waktu yang lalu di Colombo,Sri Lanka.

Dibuka secara resmi oleh Presiden Sri Lanka Bapak Maithripala Sirisena, konferensi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertahanan bersama Angkatan Laut Sri Lanka dan dikenal sebagai Galle Dialogue 2018, mengangkat tema “Synergizing for Collaborative Maritime Management”.

Dengan dihadiri para pejabat pemerintah Sri Lanka, termasuk Menteri Pertahanan, penasehat kepresidenan, komandan angkatan darat, angkatan laut, angkatan udara, komandan coast guard, dan komandan kepolisian negeri yang berbatas laut dengan India tersebut, konferensi yang diselenggarakan dari tanggal 22-23 Oktober 2018 ini juga diikuti sekitar 300 orang peserta.

Konferensi ini terbagi ke dalam enam sesi dengan pembicara dari perwakilan angkatan laut, perwakilan organisasi internasional, dan perwakilan perguruan tinggi. Diantara 89 perwira tinggi yang mewakili 52 negara yang hadir, dipilih 14 negara sebagai pembicara, yakni dari tuan rumah Sri Lanka, India, China, Rusia, Amerika Serikat, Indonesia, Inggris, Perancis, Jepang, Kanada, Australia, Bangladesh, Pakistan, dan Malaysia.

Sedangkan diantara 22 perwakilan organisasi internasional yang hadir, dipilih empat pembicara dari UNODC, ICRC, National Maritime Foundation (NMF), dan United Service Institution of India (USII). Lalu diantara  25 akademisi perwakilan dari 11 perguruan tinggi yang hadir,, dipilih juga tiga profesor yang berasal dari University of Copenhagen, University of Wollongong dan National University of Singapore. Dan ada satu pembicara lagi yang mewakili pemerintah Sri Lanka, yaitu dari Marine Environment Protection Authority (MEPA).

Pada kesempatan ini, Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI DR. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D. yang didaulat sebagai pembicara pada sesi ke lima memaparkan kolaborasi antara  angkatan laut dan coast guard negara-negara yang tergabung ke dalam Indian Ocean Rim Association (IORA) dan India Ocean Naval Symposium (IONS) untuk menjaga ekosistem kelautan dan sumberdaya hayati maritim sebagai sumber pertumbuhan ekonomi (Blue Economy).

Ia menekankan bahwa kolaborasi kedua institusi tersebut juga selaras dengan dengan kepentingan global dan program PBB, yakni Sustainable Development Goals (SDG) sekaligus wujud visi Poros Maritim Dunia sebagai visi Presiden Joko Widodo.

Di tengah konferensi, Komandan Seskoal juga menyempatkan diri melaksanakan bilateral meeting dengan Kasal Sri Lanka, Wakasal India, dan Kepala Dinas Operasi Kasal Rusia.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com