Published On: Fri, Nov 2nd, 2018

Organisasi KSOP Khusus Batam Resmi Terwujud

Bunga kembali berkembang

MN, Batam – Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Khusus Batam telah resmi menggantikan Kanpel Batam, sesuai Peraturan Menteri Perhubungan nomor PM 93 Tahun 2018 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Khusus Batam tanggal 20 September 2018.

Terwujudnya re-organisasi tersebut, bakal menguatkan peran penting Kementerian Perhubungan dalam hal ini Ditjen Perhubungan Laut yang mempunyai tugas menyediakan dan memelihara sarana bantu navigasi pelayaran, melaksanakan pengawasan dan pembinaan keamanan dan ketertiban di pelabuhan (Port Security Committee Officer).

Keberadaan organisasi KSOP Khusus Batam yang dipimpin jabatan Struktural Eselon II.b atau jabatan pimpinan Tinggi Pratama, dalam peraturan Menteri Perhubungan PM nomor 93 Tahun 2018 merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Kementerian Perhubungan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direktur Jenderal Perhubungan Laut.

Melaksanakan pengawasan dan penegakan hukum di bidang keselamatan dan keamanan pelayaran, koordinasi kegiatan pemerintahan di pelabuhan serta pengaturan, pembinaan, pengendalian dan pengawasan kegiatan kepelabuhanan pada pelabuhan diusahakan secara komersial di Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam.

KSOP Khusus Batam memiliki wewenang menyusun sistem dan prosedur penjaminan dan pemeliharaan kelestarian lingkungan di pelabuhan, menetapkan Rencana Induk Pelabuhan (RIP), serta DLKr dan DLKp Pelabuhan, menyusun dan menetapkan tarif atas pelaksanaan tugas berdasarkan Keputusan Bersama, serta menyusun sistem dan prosedur kelancaran arus barang di pelabuhan.

Terbitnya PM 93/2018 adalah tindak lanjut dari Surat Keputusan Bersama (SKB) antara Menteri Perhubungan dan Kepala BP Batam yang disaksikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di Jakarta, hari Selasa tanggal 14 November 2017. Merupakan penjabaran dari amanat Pasal 81, Pasal 82, dan Pasal 88 Undang-Undang nomor 17 tahun 2008 tentang Pelayaran.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com