Published On: Thu, Feb 28th, 2019

Danseskoal Didauat Berbicara Teknologi Komputasi TNI AL di UI

Danseskoal saat menjadi pembicara di Seminar Umum Fasilkom UI.

MN, Depok – Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) menggelar Seminar Umum yang dihadiri oleh lebih kurang 110 orang peserta pada Rabu (27/2).

Seminar yang dibuka langsung oleh Dekan Fasilkom UI Mirna Adriani Ph.D ini, menghadirkan narasumber Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian ST, MSc., DSDE., dan dihadiri oleh peserta yang berasal dari dosen, mahsiswa, perwira mahasiswa Seskoal, praktisi, serta para pakar.

Dalam seminar ini, Danseskoal memaparkan makalah yang berjudul “Teknologi Komputer di TNI Angkatan Laut”, di mana Danseskoal memaparkan penggunaan komputer di lingkungan TNI Angkatan Laut untuk tugas-tugas administratif dan tugas-tugas tempur. Semua Alutsista TNI Angkatan Laut yang heavy technology menjadi basis pendidikan dan latihan di seluruh institusi pendidikan TNI Angkatan Laut.

“Teknologi komputer tersebut menjadi processing utama untuk teknologi penginderaan (radar, sonar, dll), teknologi persenjataan (rudal, torpedo, tank, dll) dan teknologi pendorongan (mesin kapal perang, mesin pesawat udara, mesin tank, dll),” ujar mantan Dekan Manajemen Pertahanan Unhan ini.

Diskusi berjalan lebih menarik ketika peserta seminar membahas teknologi komputer untuk kepentingan Pusat Komando dan Pengendalian (Puskodal) yang terintegrasi. Guru besar UI Prof. Dr. Eng. Wisnu Jatmiko juga memberikan tanggapan tentang peluang meningkatkan sistem komputer pada Pusat Olah Yudha Seskoal selaras dengan perkembangan teknologi informatika dan teknologi digital pada era Revolusi Industri 4.0.

Para dosen dan Pasis Seskoal dapat memanfaatkan hasil diskusi tersebut untuk melengkapi kajian dan penelitian selanjutnya dalam penyusunan tesis sekaligus telaah kebijakan.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com