Published On: Fri, Feb 8th, 2019

Puan Maharani: Fungsi Strategis Seskoal Harus Dilestarikan

Menko Puan Mahari saat berbicara di Kuliah Umum Seskoal.

 

Seskoal perlu terus menanamkan program-program cinta Indonesia, cinta tanah air, hingga kemudian pengembangan keahlian dari tiap personel angkatan laut kita, agar tidak hanya bisa dipergunakan oleh  TNI tetapi juga bisa bersinergi dan bergotong royong dengan masyarakat

 

MN, Jakarta – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani memandang Seskoal berperan penting dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal ini diungkapkannya tatkala berkunjung dan memberikan kuliah umum kepada 150 orang Perwira Mahasiswa (Pasis) Seskoal di Gedung Samadikun Seskoal, Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kamis (7/2).

Menurut cucu Proklamator Bangsa Indonesia Ir. Soekarno ini, fungsi TNI Angkatan Laut dalam menjaga keutuhan NKRI, tidak bisa dilepaskan dari peran Seskoal di dalamnya. Dalam hal ini, Seskoal berperan penting dalam mencetak sumber daya manusia untuk menjaga negeri yang 63% bagian wilayahnya berupa lautan ini.

“Peran Seskoal tentu saja sangat penting dan strategis, khususnya dalam mencetak sumber daya manusia yang ada dalam angkatan laut. Negara Indonesia ini terdiri dari 17.000 pulau yang tersebar di seluruh Indonesia, dan sinergi SDM yang ada di angkatan laut ini yang menjadi salah satu tiang ataupun garda terdepan dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia yang di pulau-pulau yang ada di Indonesia,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia juga berharap Seskoal menambah dan memperkuat program-program yang dimilikinya sebagai fungsi pencetak sumber daya manusia  keangkatan lautan berjiwa pemimpin, yang juga mampu bersinergi dan bergotong royong dengan masyarakat.

“Seskoal perlu terus menanamkan program-program cinta Indonesia, cinta tanah air, hingga kemudian pengembangan keahlian dari tiap personel angkatan laut kita, agar tidak hanya bisa dipergunakan oleh  TNI tetapi juga bisa bersinergi dan bergotong royong dengan masyarakat,” lanjutnya.

Lebih jauh, alumni Jurusan Komunikasi FISIP UI ini juga berharap adanya pengembangan berbagai hal dan fungsi strategis yang dimiliki oleh lembaga dengan moto Dharma Wiratama ini, agar bisa berperan lebih bagi masyarakat, bangsa, dan negara, yang menuntut pengembangan wawasan tiap-tiap personelnya.

“Seskoal perlu mengembangkan beberapa hal agar masyarakat di luar TNI Angkatan Laut ini, tahu bahwa apa saja yang sudah dilakukan oleh Angkatan Laut kita. Begitupun di internal Angkatan Laut perlu juga diberikan wawasan tentang angkatan laut dari berbagai negara di dunia. Di mana pada dasarnya banyak pendidikan di negara-negara lain itu, bisa kita contoh dan harus kita bisa kembangkan di Indonesia sebagai langkah antisipasi terhadap perkembangan zaman saat ini,” tukasnya.

Merangkum semuanya, ia pun berharap berbagai hal di atas, khususnya fungsi-fungsi yang dimiliki oleh lembaga ini, bisa memacu spirit kebangsaan bagi seluruh rakyat Indonesia, khususnya bagi TNI Angkatan Laut, yang merupakan elemen penting untuk mewujudkan visi “Poros Maritim Dunia”.

“Jadi saya berharap bahwa fungsi strategis dari Seskoal ini akan tetap dijaga untuk bisa memberikan semangat spirit NKRI kepada seluruh rakyat Indonesia khususnya prajurit TNI AL,” pungkasnya.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google