Published On: Tue, Mar 26th, 2019

Tingkatkan Mutu Jurnal Maritim, Guru Besar FIB UI Kunjungi Pusjianmar Seskoal

Suasana diskusi antara Guru Besar FIB UI dengan Kapusjianmar dan beberapa DOsen Tetap Seskoal di Lounge Pusjianjar Seskoal.

Suasana diskusi antara Guru Besar FIB UI dengan Kapusjianmar dan beberapa DOsen Tetap Seskoal di Lounge Pusjianjar Seskoal.

MN, Jakarta –¬†Guru besar Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, Prof. Susanto Zuhdi, mengunjungi Pusat Pengkajian Maritim Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Pusjjianmar Seskoal) pada Kamis (20/3).

Kedatangan pakar sejarah maritim nasional ini, disambut langsung oleh Kepala Pusjianmar (Kapusjianmar) Kolonel Laut (P) Suharto, S.H., M.Si (Han). Kehadiran Prof. Susanto sendiri ke salah satu satuan kerja (satker) penting di bawah Seskoal ini sendiri, bertujuan untuk memberikan bimbingan teknis serta mendiskusikan berbagai hal dalam rangka peningkatan kualitas Jurnal Maritim Indonesia yang dikelola Pusjianmar Seskoal.

Jurnal Maritim Indonesia merupakan salah satu program pengkajian berbagai bidang ilmu maritim yang dimiliki oleh Pusjianmar, yang menggandeng banyak pihak dari mulai personel TNI, akademisi, mahasiswa, dan masyarakat umum untuk bersama-sama menyusun karya ilmiah dengan format jurnal imiah, yang terbit selama dua volume setiap tahunnya.

Saat ini, Jurnal Maritim Indonesia memiliki spesifikasi kajian yang mencakup bidang kajian kawasan. Cakupan tersebut meliputi Perkembangan Keamanan Maritim di kawasan ASEAN, Samudra Hindia, dan Samudra Pasifik, serta lima pilar poros maritim dunia yang meliputi kajian budaya maritim, sumber daya manusia, infrastruktur dan konektivitas maritim, diplomasi maritim, dan pertahanan keamanan maritim.

Fokus diskusi yang juga dihadiri oleh beberapa Dosen Tetap Seskoal, seperti Koordinator Dosen Kolonel Laut (KH) Dr. Sudardi, S.H., M.H., Dosen Kolonel Laut (KH) Dr. Asep Iwa Soemantri, S.E., M.M., dan Letkol Laut (KH) Wahyu Wijaya, Ph.D., dan Dirjianstraops Seskoal Kolonel Laut (P) Dwi Jantarto, S.T., M.T., ialah membicarakan tentang upaya peningkatan akreditasi Jurnal Maritim Indonesia agar mampu mewadahi animo, baik perwira mahasiswa, para dosen Seskoal sendiri, maupun para penulis bidang maritim dari masyarakat luas.

 

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>