Published On: Sat, Mar 2nd, 2019

TNI AL Kembali Gagalkan Penyelundupan Baby Lobster

Lanal Mataram gagalkan penyelundupan Babby Lobster.

Lanal Mataram gagalkan penyelundupan Babby Lobster.

MN, Lombok – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Mataram berhasil menggagalkan upaya penyelundupan Baby Lobster di Pelabuhan Lembar Kab. Lombok Barat, Rabu (27/02).

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Mataram, Kolonel Laut (P) Ludi Muharjo menjelaskan bahwa keberhasilan menggagalkan upaya penyelundupan ini merupakan hasil kerja sama antara dengan masyarakat, di mana ketika mengetahui ada tindakan ini masyarakt langsung melaporkan ke Lanal Mataram.

“Penggagalan upaya penyelundupan Baby Lobster di Pelabuhan Lembar yang berjumlah sekitar dari 10.250 ekor senilai lebih dari 1,5 M berawal dari informasi dua hari sebelumnya bahwa akan adanya penyelundupan Baby Lobster melalui penyeberangan ferry yang akan dikirim menuju Pulau Bali,” ujarnya.

Merujuk pada informasi tersebut, Danlanal Mataram memerintahkan jajarannya untuk memperketat penjagaan di pintu masuk Pelabuhan Lembar. Anggota TNI AL dari Lanal Mataram (Tim Intel Lanal Mataram) yang sedang bertugas mencurigai adanya penumpang yang akan menyeberang dengan dinaikan truk tanpa membeli tiket.

Sewaktu dilakukan pengejaran, penumpang tersebut membuang tas ransel berwarna hitam yang dibawanya dan setelah diadakan pemeriksaan oleh anggota TNI AL Lanal Mataram bersama petugas Karantina Ikan dan KP3 Lembar, ditemukan isi tas ransel hitam tersebut berupa Baby Lobster sebanyak 21 kantong plastik dengan tiap kantongnya berisi sekitar 250 ekor.

Seluruh aparat yang sedang berjaga pun turut melaksanakan penyisiran dan berhasil menemukan lagi satu buah tas ransel warna merah berisi dua puluh kantong Baby Lobster di kamar mandi pelabuhan.

Dari CCTV yang berada di Pelabuhan diduga pelaku berjumlah dua orang yang saat ini masih dalam proses pengejaran oleh pihak Kepolisian.

Komandan Lanal Mataram juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar ikut membantu apabila memiliki informasi tentang upaya penyelundupan Baby Lobster dengan segera melaporkan kepada pihak yang berwenang.

Selain itu Danlanal menambahkan agar masyarakat khususnya daerah pesisir lebih mencintai alam dan menjaga ekosistem laut. Jangan biarkan pihak-pihak dari luar mengambil hasil kekayaan Indonesia. Karena dari informasi yang didapat Baby Lobster ini akan dikirim menuju Singapura dan akan dibudidayakan di Vietnam.

Dari hasil penemuan Baby Lobster tersebut, Danlanal Mataram didampingi Perwira Staf, pihak Karantina Ikan dan KP3 Pelabuhan Lembar bersama-sama melepaskan kembali ke habitatnya di Pantai Kadinan Kec. Sekotong Kab. Lombok Barat.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google