Published On: Mon, Apr 1st, 2019

Terus Menyapa Anak Negeri, Ekspedisi Pinisi Bakti Nusa Jalankan Trip Ke Lima

Dari target 74 titik, saat ini ekespedisi telah menyinggahi 34 titik pulau. Banyak informasi yang berhasil direkam serta interaksi dengan warga yang berjalan baik. Mereka, para warga tersebut, menitipkan pesan agar pemerintah konsisten membangun Indonesia dari laut dan tidak melupakan budaya bahari

Ekspedisi Pinisi Bhakti Nusa Trip 1.

MN, Makassar – Setelah melalui berbagai perjalanan ke banyak pelosok negeri dalam empat ekspedisi sebelumnya, Tim Ekspedisi Pinisi Bakti Nusa akan melanjutkan perjalanan berikutnya (trip ke lima) menyusuri rute Saumlaki- Makassar selama lebih kurang 25 hari.

Rute yang menjadi rute pengarungan terlama dibandingkan dengan empat ekspedisi sebelumnya ini, akan membawa para peserta ekspedisi menyusuri perairan selatan negeri ini dan akan menjadi etape terakhir dari ekspedisi luar biasa yang penggagasannya dilakukan oleh Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (ISKINDO) bersama dengan Yayasan Makassar Skalia.

“Trip ke lima ini akan menyinggahi sembilan belas titik singgah sejauh 1.205 mil laut selama 25 hari ke depan. Kapal akan singgah di Pulau Selaru, Marsela, Moa, Wetar, Alor, Labuan Bajo, Selayar, dan Makassar,” jelas Ketua ISKINDO M. Zulficar Mochtar.

Sementara itu, Koordinator Program Ekspedisi Bakti Nusa, Moh Abdi Suhufan mengatakan bahwa selama pelayaran trip satu hingga empat yang lalu, telah berhasil menyinggahi 34 pulau kecil. Pada setiap titik singgah, relawan melakukan berbagai macam aktivitas seperti edukasi, riset, dan juga pendokumentasian daerah yang disinggahinya itu.

“Dari target 74 titik, saat ini ekespedisi telah menyinggahi 34 titik pulau. Banyak informasi yang berhasil direkam serta interaksi dengan warga yang berjalan baik. Mereka, para warga tersebut, menitipkan pesan agar pemerintah konsisten membangun Indonesia dari laut dan tidak melupakan budaya bahari,” ujarnya.

Lebih jauh, pria yang juga menjabat sebagai Koordinator Nasional DFW-Indonesia ini, menjelaskan bahwa ekspedisi ini sendiri akan menyelesaikan trip ke lima di Makassar pada tanggal 26 April 2019 dan setelah itu akan dilanjutkan dengan trip ke enam hingga ke delapan belas yang sudah mulai menuju wilayah Indonesia bagian barat dan akan finish di Jakarta pada tanggal 17 Agustus 2019 mendatang.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>