Published On: Wed, Jun 5th, 2019

Transportasi Laut Jadi Pilihan Pemudik Lebaran 2019

Ketulusan hati melayani masyarakat kecil

MN, Jakarta – Kegiatan mudik bagi umat Islam merupakan tradisi rutin tahunan di saat menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Walaupun terkadang harus dibayangi masa liburan yang pendek dan budget terbatas, itu tidak mengurangi nilai sakral tradisi masyarakat.

Kini banyak pemudik menggunakan transportasi laut sebagai moda angkutan “pulang kampung”. Tentu tak terlepas dari upaya Kementerian Perhubungan, BUMN, Swasta, dan Pemerintah Daerah yang meyakinkan bahwa angkutan laut itu nyaman, aman dan murah.

Transportasi laut telah menjadi pilihan favorit bagi masyarakat mengingat jangkauannya mampu menyentuh pelosok wilayah Indonesia yang sebagian besar lautan, ditambah kabar tiket moda transportasi udara cenderung tinggi khususnya peak season.

Selain tiket terjangkau, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan juga memastikan seluruh jajarannya agar dalam bekerja melayani masyarakat pemudik sebagai tugas mulia, harus dilakukan dengan ketulusan hati.

“Bekerja dengan hati, tulus dan ikhlas melayani masyarakat yang menggunakan sarana transportasi laut untuk mudik ke kampung halaman merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga,” kata Dirjen Hubla Agus H Purnomo dalam siaran persnya di Jakarta, Rabu (5/6).

Data Ditjen Perhubungan Laut mencatat, hingga H-1 Idul Fitri 1440 H/2019, kenaikan jumlah penumpang lebih dari 4.8 persen dibandingkan tahun 2018 lalu yang terpantau dari 51 pelabuhan di Indonesia. Catatan tersebut merupakan lonjakan penumpang yang cukup signifikan.

“Tidak ada yang ambil cuti bersama, kami tetap siaga dari tingkat pusat hingga ke daerah baik di Posko Angkutan Lebaran maupun di lapangan untuk memastikan masyarakat bisa mudik dengan aman, selamat, tertib dan nyaman termasuk arus balik Lebaran,” terang Dirjen Agus.

Maka layaklah masyarakat memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Ditjen Perhubungan Laut bersama para stakeholders yang terus mengawal kepentingan masyarakat, guna memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan angkutan laut Lebaran tahun 2019.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google