Published On: Sat, Jun 1st, 2019

Yukki: ALFI Siap Sambut Era Industri 4.0

Yukki NH (foto: palapanews)

MN, Jakarta – Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) menyatakan diri telah siap menyambut era industry 4.0, dengan dua pilar, yaitu sumber daya manusia (SDM). Kedua, melakukan pengembangan digitalisasi Smart Logistics melalui Website ALFI (ilfa.or.id).

Hal itu dikatakan oleh Ketua Umum DPP ALFI yang juga Chairman Asean Freight Forwarder Association, Yukki Nugrahawan Hanafi terkait upaya modernisasi organisasi ALFI dalam rangka menghadapi era globalisasi.

Menurutnya, upaya pengembangan digitalisasi akan dilakukan secara bertahap, saat ini yang siap adalah modul impor, ekspor, track and trace, mencakup lebih dari 150 negara. Selanjutnya pengembangan rantai pasok sampai ke last mile delivery.

Untuk Track and Trace yang dikembangkan ALFI meliputi transport laut, darat dan udara, karena pergerakan arus barang tidak hanya melalui jalur laut. Kemudian IoT, pergudangan, depo dan data exchange (pertukaran data).

“Tentu tak lupa adalah sektor Perbankan untuk menunjang trade financing,” terang Yukki kepada Maritimnews di Jakarta, Jumat (31/5).

Yukki mengingatkan, melihat perkembangan industri yang memasuki era 4.0, digitalisasi dan logistik merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan. Cepat atau lambat digitalisasi merambah ke semua lini, salah satunya bidang logistik.

Kini ALFI sedang dalam proses menjalin kerjasama global baik kerjasama platform teknologi, maupun communities network, dimulai dari tingkat ASEAN, beberapa Negara Timur Tengah, USA, Jepang, Canada, China dan Amerika Latin.

Kerjasama tersebut meliputi teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber sebagai tren otomatisasi dan pertukaran data termasuk cyber-fisik, Internet of Things (IoT), komputasi awan (cloud-based) dan komputasi kognitif (cognitive computing, self-learning system) serta community-based.

Ditegaskan oleh Yukki, bahwa upaya pengembangan Rantai Pasok Berbasis Digital oleh ALFI guna meningkatkan daya saing agar dapat menuju Indonesia yang kompetitif, dinamis dan inovatif.

“Kita tidak bisa bergerak sendiri, dibutuhkan kolaborasi di dalam negeri maupun luar negeri. Diharapkan outputnya bakal tercipta kolaborasi global dan kemudahan bisnis proses logistik bagi seluruh anggota ALFI,” pungkasnya.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com