Published On: Sat, Jul 20th, 2019

Council Reform: Usulan Komposisi Dewan IMO Jadi 52 Negara

Sidang Dewan IMO ke-122 London

MN, London – Sidang Dewan Internasional Maritime Organization (IMO) ke-122 telah berakhir dan menghasilkan sejumlah usulan, salah satunya agenda council reform yang disepakati untuk komposisi dewan IMO menjadi 52 negara serta perpanjangan masa keanggotaan jadi 4 (empat) tahun sekali.

Sekditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Arif Toha selaku Ketua Delegasi Indonesia pada sidang Dewan (Council) IMO ke-122 di London, Inggris, Sabtu (20/7) menjelaskan, bahwa seluruh hasil keputusan dalam sidang termasuk council reform akan direkomendasikan kepada Majelis (Assembly) IMO.

Arif menegaskan, fokus perhatian delegasi Indonesia adalah Strategy, Planning dan Reform, khususnya di sub-agenda reform. Dimana Dewan IMO sepakat menyetujui laporan Working Group yang merekomendasikan perluasan komposisi Dewan dari 40 menjadi 52 negara anggota.

Selain jumlah, sidang merekomendasikan tambahan komposisi kategori yakni sebanyak 12 kursi akan dialokasikan pada kategori (a) dan (b) dan 28 kursi untuk kategori (c). Adapun komposisi saat ini, 10 kursi pada kategori (a) dan (b) serta 20 kursi untuk kategori (c).

Dalam Sidang Dewan IMO ke-122 tersebut, Indonesia juga menyampaikan kepada forum bahwa Ditjen Hubla Kementerian Perhubungan akan menyelenggarakan pertemuan Cooperation Forum ke-12 “Co-operative Mechanism on Safety of Navigation and Environmental Protection in the Straits of Malacca and Singapore” pada tanggal 30 September-1 Oktober 2019 di Semarang, Jawa Tengah.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google