Published On: Tue, Aug 27th, 2019

Tanjung Priok, Role Model Digitalisasi Pelabuhan

Capt Hermanta

MN, Jakarta – Sebagai pelabuhan tersibuk di Indonesia (pelayanan 24/7), Tanjung Priok bertransformasi menjadi Digital Port untuk pelayanan administrasi maupun operasional. Bahkan pelabuhan Tanjung Priok telah diakui sebagai role model bagi UPT Ditjen Perhubungan Laut di pelabuhan lain.

“Meningkatkan pelayanan bagi masyarakat, menjadi dasar menerapkan sistem digitalisasi. Tujuannya mempermudah dan memangkas biaya yang tidak perlu,” jelas Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, Capt Hermanta kepada Maritimnews di Jakarta, Senin (26/8).

Sistem dgitalisasi di Tanjung Priok mencakup pelayanan kapal dan barang (Inaportnet), DO Online, perizinan (PMKU, Izin Keruk, Rekomendasi TUKS, RIP), pembayaran PNBP (jasa labuh, tambat, pengawasan bongkar muat, jasa ship to ship), Auto Gate System, MOS, juga TID.

Capt Hermanta menerangkan, bahwa terkait implementasi sistem DO Online di pelabuhan Tanjung Priok, tercatat sebanyak 7 dari 21 perusahaan pelayaran besar sudah menerapkan sistem Delivery Online secara penuh. Sedangkan sisanya masih proses sinkronisasi sistem Inaportnet dan INSW.

“Tujuh perusahaan pelayaran besar tersebut adalah CMA CGM, Maersk, APL, MSC, Eveegreen, ONE, dan Hapag Lloyd,” ujarnya.

Dalam waktu dekat Otoritas Pelabuhan (OP) Utama Tanjung Priok segera melaunching sistem TID di JICT, NPCT 1, dan TPK Koja guna menertibkan truk trailer yang akan melakukan kegiatan di Terminal Petikemas. Nantinya kendaraan yang belum terdaftar secara online, tidak dapat akses common gate.

“Menghadapi era digital, kita tidak ada pilihan, bergerak atau tertinggal. Saya berharap dengan menerapkan sistem digitalisasi di pelabuhan Tanjung Priok, maka pelayanan kepada masyarakat akan meningkat dan mampu menekan cost logistic,” pungkasnya.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com