Published On: Thu, Sep 12th, 2019

Sinergi KKP dan Pemprov Maluku Melalui Kerjasama Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan

KKP dan Pemprov Maluku bersinergi

MN, Ambon – Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Ditjen PSDKP bersama Pemerintah provinsi Maluku menandatangani kesepakatan bersinergi di bidang pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan yang bertujuan mengoptimalkan potensi laut Indonesia.

Penandatanganan kerjasama dilakukan Plt Direktur Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan KKP, Pung Nugroho Saksono AP.i MM dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku, DR. Ir. Romelus Far Far. M.Si di Gedung Balai Pertemuan Nelayan PPN, Ambon Maluku, Kamis (12/9).

Pung Nugroho menjelaskan, Indonesia membutuhkan langkah optimalisasi pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan, yakni peningkatan hari operasi dalam pengoperasian kapal-kapal pengawas perikanan di WPPNRI, penegakkan hukum, serta kolaborasi antar instansi baik di pusat maupun daerah.

Untuk itu pihak KKP bersepakat bersama-sama dengan Pemprov Maluku melakukan giat pengawasan terhadap pengelolaan perikanan di Indonesia yang penuh dengan berbagai tantangan dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Apalagi di era serba digital, negara harus hadir dan menyesuaikan diri agar tidak tergerus oleh jaman dengan peningkatan kualitas SDM, teknologi informasi dan pelayanan prima kepada setiap masyarakat di Indonesia. Namun integritas harus selalu melekat pada jati diri bangsa sebagai kehormatan dan marwah sebuah bangsa.

“Jika kita junjung integritas, maka dunia akan menghormati dan menghargai kita, karena integritas adalah modal untuk menjadi pribadi yang luar biasa. Integritas harus dibarengi dengan kerja sama dan kerja keras demi membangun prestasi bangsa,” jelas Pung.

Diharapkan sinergi dapat diwujudkan dan harmonis sampai akar rumput, antara lain sinergi pelaksanaan pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan, seperti pelaksanaan operasi/patroli kapal pengawas perikanan, juga proses penanganan tindak pidana di bidang kelautan dan perikanan.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>