Published On: Fri, Jun 12th, 2020

Fase New Normal, Jayapura Lepas Kapal Penumpang Perdana

KM Cantika 77


MN
, Jayapura- Berdasarkan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor SE 12 Tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dengan Transportasi Laut Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif Dan Aman Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), kapal-kapal dapat kembali mengangkut penumpang dengan mengimplementasikan New Normal dan berpedoman protokol kesehatan Covid 19.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Jayapura melepas 2 (dua) kapal yang beroperasi perdana mengangkut penumpang setelah diberlakukannya SE 12/2020, yakni kapal KM Cantika Lestari 77 dan KM Sabuk Nusantara 29. Kedua kapal yang mengangkut penumpang keluar dari Jayapura menuju Kabupaten-kabupaten di wilayah Papua.

“Kami bersama dengan Perwakilan Staf Presiden, anggota MPR, anggota DPRD, Kapolres Kota Jayapura, KKP Jayapura, Kapolsek KP3 Laut, Kabid Laut Dishub Provinsi Papua, PT Pelindo Jayapura dan koordinator tiap masyarakat bersama-sama melepas kapal penumpang perdana di masa new normal,” ujar Kepala KSOP Kelas II Jayapura Ferra J. Alfaris di Jayapura, Kamis (11/6).

Kapal KM Cantika Lestari 77 diberangkatkan dari Pelabuhan Jayapura menuju Pelabuhan Waren mengangkut penumpang masyarakat Waropen sebanyak 173 orang, serta tim pengawasan Pemprov Papua yang terdiri 4 orang dari Dishub Papua dan 4 orang dari Satpol PP, dengan Crew Kapal berjumlah 15 orang.

Selain itu, kapal KM Sabuk Nusantara 29 juga diberangkatkan dari Pelabuhan Jayapura menuju Pelabuhan Biak membawa penumpang 210 orang, serta tim pengawasan Pemprov Papua yang terdiri dari 4 orang dari Dishub Papua, 4 orang dari Satpol PP, dan 2 orang Dokter dari Dinas Kesehatan Provinsi Papua, dengan jumlah  Crew kapal 14 orang.

Sebelumnya KSOP Kelas II Jayapura bersama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Jayapura memeriksa seluruh Anak Buah Kapal (ABK) dan petugas pengawas sebelum naik ke atas kapal. “Seluruh ABK kapal dan petugas pengawas telah dilakukan Rapid Test sebelum keberangkatan termasuk terhadap seluruh penumpang kapal tersebut,” pungkasnya.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>