Published On: Wed, Jul 15th, 2020

Bicara Tol Laut, Dirlala Kemenhub: Silahkan Komplain Saya Bila Barang Siap Kapal Tidak Datang !

Dirlala Kemenhub Dr. Capt. Wisnu Handoko saat berbicara sebagai narasumber dalam Webinar "Tol Laut" Pengaruhnya Terhadap Kemajuan Daerah di Sulawesi Tenggara.

Dirlala Kemenhub Dr. Capt. Wisnu Handoko saat berbicara sebagai narasumber dalam Webinar “Tol Laut” Pengaruhnya Terhadap Kemajuan Daerah di Sulawesi Tenggara.

MN, Jakarta – Setelah berjalan beberapa waktu, program tol laut yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada 2014 yang lalu, sudah terasa manfaatnya oleh banyak pihak di negeri ini. Dari mulai turunnya disparitas harga, hingga mulai terbukanya wilayah-wilayah yang selama ini hampir “terisolir”.

Namun, di balik suksesnya program tersebut berjalan, masih terdapat banyak permasalahan yang hingga saat ini masih terjadi dan belum juga terpecahkan hingga saat ini, salah satunya terkait muatan balik kapal tol laut di beberapa daerah yang disambanginya.

Hal ini terungkap dalam Webinar yang diselenggarakan oleh Maritime Research Institute (MARIN) Nusantara dengan tajuk “Tol Laut Pengaruhnya Terhadap Kemajuan Daerah di Sulawesi Tenggara”, Selasa (14/7). 

Menanggapi hal tersebut, Direktur Lalu Lintas Laut (Dirlala) Kementerian Perhubungan Dr. Capt. Wisnu Handoko mengingatkan akan pentingnya peran tiap-tiap pemerintah daerah untuk bersama-sama mengatasi masalah ini. 

Dalam arti lebih jauh, ia menekankan perlunya peran serta pemerintah daerah dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk memanfaatkan sebaik-baiknya program tol laut ini. 

“Kalau tol laut ini tidak dimafaatkan sebaik-baiknya oleh pemerintah daerah, kemudian hanya kita menunggu saja muatan balik itu, itu dengan sendirinya akan lama terpakai,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia juga mengajak setiap pemangku kepentingan program ini untuk bersama-sama menyukseskan program yang sedari awalnya dibangun untuk memperkuat visi “Poros Maritim Dunia” tersebut.

Di sisi lain, ia beserta seluruh jajaran Dirlala Kemenhub membuka diri dan siap menerima masukan, kritik, hingga komplain apabila program ini tidak berjalan sebagaimana mestinya.

“Jadi mari kita sama-sama wujudkan barang ini, jadi konsepnya adalah kapal datang barang siap kapal datang barang siap. Barang siap kapal tidak datang silahkan saya dikomplain, silahkan saya dikritik,” pungkasnya.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com